Sains

Wow, Peneliti LIPI Temukan 4 Spesies Cicak Hutan Baru di Natuna!

Ngetikngetik.com – Cicak bukan sembarang cicak. Sebanyak empat jenis cicak hutan dan batu yang ditemukan oleh peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Pulau Natuna ternyata adalah empat cicak spesies baru.

Adalah Awal Riyanto, peneliti ahli herpetofauna dari LIPI yang berhasil mengidentifikasi keempat spesies baru tersebut. Keempat spesies baru itu adalah: Cyrtodactylus hikidai, Cyrtodactylus rosichonariefi, Cnemaspis mumpiniae dan Cnemaspis sundainsula.

Awal mengatakan, penemuan itu diawali undangan dari Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Natuna pada 2011. LIPI kemudian menerjunkan tim fauna untuk melakukan inventarisasi di Pulau Bunguran. Dua tahun kemudian, atas undangan Badan Lingkungan Hidup Daerah Pemerintah Kabupaten Natuna, penelitian dilanjutkan ke Pulau Tiga dan Sedanau.

Marga Cyrtodactylus lebih dikenal dengan nama Cicak Berjari Membusur. Adapun marga Cnemaspis adalah Cicak Batu Berpupil Vertikal. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal spesies baru Zootaxa. Awal sendiri sedang merampungkan buku mengenai herpetofauna di Kepulauan Natuna yang diharapkan bisa terbit di Edition Chimaria.

Awal mengatakan kepulauan Natuna adalah gugusan kepulauan terluar Indonesia. Kepulauan yang merupakan wilayah Provinsi Kepulauan Riau ini berada di Laut China Selatan. “Secara biogeografis, Natuna menjadi stepping stone bagi pergerakan fauna antara Semenanjung Malaysia dan Kalimantan (Borneo),” kata Awal dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (31/5).

Seperti apa ciri-ciri spesies baru cicak hutan dan cicak batu temuan peneliti LIPI ini?

Pages: 1 2 3 4 5

Loading...
loading...
To Top