Sains

Wow, Lobster Baru dan Tercantik di Dunia Ini Ternyata Berasal dari Indonesia!

Ngetikngetik.com – Jenis lobster air tawar atau crayfish dari Indonesia dinyatakan sebagai spesies baru sekaligus salah satu yang tercantik di dunia.

Lobster air tawar itu sebenarnya sudah menjadi komoditas perdagangan sejak 10 tahun terakhir. Ilmuwan baru mengetahui bahwa lobster itu merupakan jenis baru ketika melakukan riset taksonomi beberapa waktu lalu.

Christian Lukhaup dari Hinterweidenthal, Jerman, pertama kali menyadari keunikan lobster asal Indonesia itu saat melihat hasil foto temannya.

lobst2

Beberapa waktu kemudian, dia mulai melihat lobster air tawar dalam foto itu di toko hewan peliharaan. Lukhaup awalnya tak mengetahui asal lobster itu sebab ketika bertanya kepada para pedagang, rata-rata dari mereka pun tak mengetahui atau sengaja menyembunyikan.

“Melakukan penelitian ini seperti melakukan investigasi kasus kriminal,” katanya seperti dikutip New Scientist, Selasa (19/5/2015).

Lukhaup lalu melakukan analisis awal terhadap jenis lobster itu. Dia mengetahui bahwa makhluk cantik itu merupakan anggota dari genus Cherax. Bertanya kepada para pemasok, dia akhirnya mendapatkan informasi bahwa lobster dalam foto tersebut berasal dari Papua.

Segera, Lukhaup pergi ke wilayah Kepala Burung Papua. Dia bertanya kepada penduduk lokal perihal lobster yang banyak diperdagangkan dan menjelajahi perairan setempat.

Di wilayah Hoa, Teminabuan, Kepala Burung Papua, dia berhasil mengoleksi lobster targetnya. Dia membandingkan dengan sejumlah spesies Cherax lainnya, termasuk Cherax boesemani, yang secara morfologi sangat mirip dengan lobster jenis baru ini.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
To Top