Sains

Wow, Lihat Ini!! Ada ‘Danau’ Biru di Planet Merah

'Danau' Biru di Planet Merah

Ngetikngetik.com – Badan Antariksa Eropa (ESA) melalui satelitnya bernama Mars Express menemukan penampakan aneh di permukaan Planet Mars. Disebutkan, ada bercak berwarna biru pada planet merah tersebut.

Bila dilihat secara kasat mata, bercak biru tersebut hampir menyerupai danau dari ketinggian. Bentuk biru berada di sebuah lingkaran seperti kawah. Penemuan ini berhasil diabadikan dalam sebuah foto oleh Mars Express.

“Serangkaian warna biru ini terletak di dalam kawah yang sedimen sebenarnya berwarna gelap, hal itu sudah dibangun dari waktu ke waktu,” ujar ESA dikutip dari Tech Times, Jumat, 5 Juni 2015.

Menurut ESA, warna biru yang berhasil ditangkap lewat jepretan foto Mars Express ini, karena berupa vulkanik batu yang bergerak akibat ada angin di Mars. Bahkan, ESA menyebutkan warna biru ini hanya sebuah ilusi optik semata, akibat dari pengolahan citra, buka merupakan adanya air di Mars.

Lebih lanjut, ESA menuturkan, kecepatan angin di permukaan Mars bisa mencapai 62 mil per jam. Tak heran, kecepatan angin sedahsyat itu dapat menciptakan badai debu yang cukup besar selama beberapa hari atau pekan.

Penampakan warna biru di Planet Merah ini berhasil diidentifikasi oleh ESA, saat satelit Mars Express mengorbit di atas wilayah Saudi Terra, sebuah wilayah yang dikenal banyak kawah.

Sedangkan, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan ESA pada 2005 lalu juga menemukan fenomena biru di Mars. Pada saat itu, mereka berhasil merilis sebuah gambar aurora berwarna biru di atmosfer Mars.

blue-aurorae-on-mars-jpg

Fenomena aurora di Mars ini kemudian diambil ke dalam bentuk foto melalui satelit Maven.

Loading...
loading...
To Top