Dunia

WNA Buru Pokemon di Markas Kodim Bogor Jadi Sorotan Dunia

Ngetikngetik.com, – Ulah warga Prancis, Romain Pierre bermain Pokemon Go hingga menerobos markas Kesatuan Kodim 0614/Kota Cirebon tanpa izin tak hanya ramai diberitakan media lokal setempat. Aksi tersebut ternyata juga disorot media asing.

“French Pokemon Go player arrested on Indonesian military base” menjadi tajuk berita media Inggris The Guardian yang Liputan6.com kutip Selasa (20/7/2016). Situs tersebut menyebutkan bahwa Pierre sempat ditahan atas ulahnya yang dianggap mencurigakan.

Laman Australia ABC.net.au menulis berita tersebut dengan judul “Pokemon Go blamed for French businessman straying onto Indonesian military base”. Dari situs tersebut disebutkan bahwa pengusaha Prancis itu sempat mencoba melarikan diri ketika berhadapan dengan aparat, dan ditahan selama beberapa jam sebelum akhirnya dibebaskan Selasa pagi.

Judul serupa, “Man Caught Hunting Pokemon On Indonesian Military Base” menghiasi situs NDTV.

Sementara dengan “French man gets arrested for trespassing a military base during Pokemon hunt”, Mashable Asia memberitakan bahwa Pierre tidak sengaja memasuki kompleks militer saat jogging sambil berburu Pokemon.

“Frenchman detained in Indonesia for playing Pokemon Go on military base” digunakan Asian Correspondent untuk laporan berita dampak permainan Pokemon Go yang semakin mendunia.

Pierre diamankan anggota TNI karena mencoba masuk dengan cara melompat ke Kesatuan Kodim 0614/Kota Cirebon tanpa izin pada Selasa 19 Juli malam. Saat itu WNA Prancis tersebut mengenakan celana hitam dan kaus merah muda.

Komandan Kodim 0614 Kota Cirebon Letkol Inf Suharma Zunam menuturkan penangkapan Romain berawal dari kecurigaan penjaga yang melihat aktivitas Romain Pierre yang berada di depan pintu masuk Kodim.

“Jadi, WNA itu tidak sempat masuk apalagi loncat portal. Kami malah menegurnya,” ujar Suharma Zunam, Selasa, 19 Juli 2016.

Dia mengatakan, saat petugas jaga menegur, Romain kaget dan langsung lari. Petugas yang berjaga pun sigap mengejarnya. Ia kemudian diinterogasi di pos keamanan Makodim 0614 Kota Cirebon.

Dia mengatakan, saat ditegur, Romain tengah fokus bermain gim Pokemon Go. WNA tersebut sontak kaget melihat bahwa yang menegurnya adalah anggota TNI, sementara lokasi perburuan Pokemon itu merupakan wilayah militer.

“Penangkapan WNA saat pengejaran juga dibantu sekuriti BBWSCC yang lokasinya tidak jauh dari Makodim,” kata Suharma.

Saat diinterogasi, lanjut dia, Romain mengaku tengah melakukan olahraga joging malam dari Hotel Aston Cirebon. WN Prancis itu juga mengakui tengah fokus bermain Pokemon Go tanpa menyadari posisinya berada di mana.

Loading...
loading...
Comments
To Top