Tekno

Unik dan Pertama di Dunia, Komputer Mini Rp 100 Ribuan!

Ngetikngetik.com – Ukuran komputer ini lebih kecil dari telapak tangan pria dewasa, tapi punya fungsi yang cukup lengkap, murah pula.

Komputer kecil memang seakan menjadi tren baru. Setelah ada Raspberry Pi, kemudian Intel merilis Compute Stick, komputer yang tak lebih besar dari ukuran jempol tangan.

Namun yang sedikit membedakan adalah, kedua komputer mungil itu didesain untuk para pengembang aplikasi atau sekadar hobi, berbeda dengan komputer yang satu ini bernama CHIP.

Ukuran CHIP sangat kecil. Tapi jangan salah, meski kecil, fungsinya mirip dengan komputer rumahan. Pengguna dapat menghubungkannya dengan keyboard, mouse, dan monitor.

Di dalam CHIP terdapat prosesor berkecepatan 1 GHz, memori RAM 512 MB dan kapasitas memori internal 4 GB. Tak ketinggalan pula fungsi nirkabel seperti Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

CHIP juga dipasarkan lengkap dengan sistem opeasi Linux, dan aplikasi rumahan seperti VLC player, GIMP, Libre Office, dan aplikasi pendukung lainnya. Dengan demikian, peranti ini diklaim amat memadai untuk sekadar komputasi harian.

CHIP, yang dibuat perusahaan Next Thing Co, kini terpampang pada halaman penggalang dana Kickstarter. Pembuatnya berharap bisa mendapat suntikan dana untuk pengembangan lebih lanjut.

CHIP sendiri sudah diproduksi secara komersial, setiap unit komputer ini dibanderol US$ 9, atau sekitar Rp 117 ribu dengan kurs saat ini.

Tersedia juga versi lebih tinggi yang dilengkapi layar sentuh 4,3 inchi, keyboard mungil QWERTY, dan baterai yang tahan hingga 5 jam pemakaian. Versi ini dijual US$ 49, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (10/5).

Loading...
loading...
To Top