Health

Ternyata Permen Karet Bermanfaat Untuk Diet Dan Ibu Hamil

Ngetikngetik.com, – Kabar baik buat kamu yang hobi mengunyah permen karet, pasalnya si balon yang biasa kamu mainkan di mulut ini punya segudang khasiat.

Ibu hamil, diet, mengobati asam lambung, senam wajah untuk mengencangkan pipi, meningkatkan daya konsentrasi otak adalah beberapa contoh dari manfaat permen karet untuk kesehatan tubuh. Mau tahu manfaat lainnya yang mungkin belum kamu ketahui banyak tentang kebaikan permen karet?

Tapi sebelum mencoba khasiat ajaib dari permen karet, akan jauh lebih baik jika permen karet yang kamu konsumsi tidak menggunakan bahan pembuatan dari gula asli dan hanya memakai pemanis buatan (xylitol/aspartam/sorbitol) agar kesehatan gigi tidak bermasalah di kemudian hari.

Bikin Otak Pintar dan Gak Pelupa

Buat kamu yang sering pelupa, susah konsentrasi ataupun mengalami stress cobalah untuk mengunyah permen karet. Karena saat mulut kita asyik memainkan permen karet secara otomatis membuat kinerja otak menjadi maksimal dan tubuh terasa rileks.

Banyak riset penelitian menjelaskan, kebiasaan ini sudah terbukti efektif untuk meningkatkan memori pada otak kita, dapat menyehatkan kinerja jantung dan melancarkan peredaran aliran darah yang membawa oksigen ke dalam otak.

Sangat logis, jika otak tidak mengalami hambatan karena kurangnya supply oksigen. Membuat otak rileks dan melepaskan ketegangan, serta mudah menyerap dan menyimpan informasi dalam memori otak kita. Tak percaya? Coba saja untuk mengunyah permen karet, dan rasakan perbedaan denyut jantung yang seketika berubah.

Kesehatan Gigi dan Mulut

Tak hanya ampuh sebagai obat bikin pintar ataupun terapi stress, manfaat permen karet juga bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut kita.

Meskipun tidak seefektif membersihkannya dengan sikat gigi, tapi bila mengunyah permen karet selama kurang lebih 19 menit sangat membantu untuk meningkatkan saliva (air liur) yang berfungsi sebagai penetral bakteri, virus dan jamur dalam mulut yang dapat merusak lapisan email (enamel) gigi.

Karena saliva ini sendiri mengandung natrium, magnesium, kalium, kalsium dan 500 protein berguna untuk kesehatan mulut. Namun sangat disarankan agar jenis permen karet yang kita kunyah bebas dari gula atau hanya menggunakan pemanis buatan yang kaya akan manfaatnya).

Terapi Diet

Memakan buah, makanan berserat dan minum air putih yang banyak sebelum makan adalah beberapa contoh terapi diet yang sering dilakukan banyak orang agar tubuhnya langsing.

Sama seperti halnya jika kita rutin mengunyah permen karet, nafsu makan dapat terkontrol dengan baik begitupun dengan kebiasaan ngemil snack atau makanan ringan.

Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa seseorang yang mengunyah permen karet sebelum makan akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga tidak menggila lagi. Itu tandanya program diet kamu berhasil!

Mengobati Sakit Maag dan Asam Lambung

Dalam dokumentasi Journal of Dental Research yang melakukan studi riset penelitian bahwa para penderita penyakit maag dan asam lambung mengalami kemajuan dalam kesehatannya setelah mengunyah permen karet 30 menit sehari 3 kali dalam sehari.

Dalam hasil penelitian itu juga, mengungkapkan jenis permen karet bikarbonat yang memiliki kadar rendah gula jauh lebih efektif dalam mengobati penyakit asam lambung dibandingkan dengan permen karet biasa yang bukan dibeli di apotik.

Biasanya permen karet ini sangat mudah kita temukan di warung-warung, sedangkan permen karet bikabornat hanya dijual di Apotik, toko obat atau toko-toko besar seperti Carrefour, Giant, Indomaret atau Alfamart (Eh tapi itu mungkin loh hahaha)

Senam wajah

Tak perlu repot untuk berlatih senam wajah, bagi kamu yang menginginkan kulit kencang dan segar , apalagi menginginkan bentuk wajah tirus. Dengan mengunyah permen karet secara rutin 15 menit sehari, otomatis seluruh otot dibagian wajah, rahang sampai pipi akan mengencang dengan sendirinya.

Tapi awas jangan berlebihan, bila rahang kamu sudah terasa kaku atau nyeri itu tandanya harus stop menggunakan permen karet sampai dirasakan kondisi rahang mulai memulih atau tidak kaku lagi.

Manfaat Positif untuk Ibu Hamil

Kamu pasti tak percaya jika “manfaat mengunyah permen karet” juga baik untuk kesehatan Ibu hamil terutama pada bayi dalam kandungannya. Seperti yang kita tahu, tak jarang seorang Ibu hamil bila mengalami kondisi gigi dan gusi yang buruk, akan rentan mempengaruhi kondisi kehamilannya.

Bayi bisa terlahir prematur sebelum waktunya (persalinan dini) akibat bakteri yang ditularkan dari mulut. Selain itu sering ditemukan kasus balita 3 tahun yang sudah memiliki gigi berlubang.

Melalui penelitian medis ternyata penyebabnya adalah bakteri yang berasal dari gigi sang ibu ketika ia masih hamil. Dan bakteri tersebut pindah ke janin bayi.

Sahabat kejadiananeh.com bagi kamu yang ingin melakukan terapi permen karet harap tak berlebihan untuk menggunakannya. Sebab permen karet juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita seperti kandungan sorbitol terutama yang terdapat pada permen karet jenis pemanis buatan.

Bila mengkonsumsi lebih dari 20 buah sehari dapat menyebabkan mencret atau sakit diare. Selain masalah pencernaan, gusi gigi juga bisa mengalami kerusakan akibat pemakaian berlebih.

Sedangkan permen karet biasa hanya merusak gigi saja bila terlampau banyak memakannya, namun tidak menimbulkan masalah diare seperti pada permen karet pemanis buatan

Loading...
loading...
Comments
To Top