Sport

Seragam Olimpiade Kita Terbaik Sedunia, Namun Dicela di Negeri Sendiri

Ngetikngetik.com – Seragam kontingen Indonesia di pesta olahraga Olimpiade Brasil telah mencuri perhatian dunia. Setelan celana merah dan blazer putih bermotif burung garuda yang dikenakan para atlet di upacara pembukaan itu dipuji sejumlah media internasional. Sayangnya, cukup banyak pula warga Indonesia yang menganggapnya norak.

Berbagai media luar negeri memberikan sanjungan tinggi kepada seragam tersebut. Situs BBC menyebut seragam itu sebagai ‘the most regal’, megah bak kostum raja-raja. Komentar serupa juga diberikan oleh situs berita Inggris, DailyMail.

“Indonesia dipuji sebagai negara dengan tampilan paling agung dalam upacara tersebut. Pakaian tradisional merah dan putih mereka yang dihiasi topi emas berkilauan menjadi bahan pembicaraan luas di media sosial.” Situs tersebut bahkan menyebut seragam kontingen Indonesia sebagai salah satu yang terbaik di samping Korea Selatan, Kanada, Inggris, Tonga, dan Montenegro.

Menurut laporan sejumlah media lokal, pakaian tersebut dirancang oleh Prima Suci Ariani, anggota rombongan kontingen Indonesia pada Olimpiade 2016. Kabarnya, Prima adalah seorang pemilik toko batik, meskipun dirinya tak memiliki latar belakang desain setara perancang tingkat nasional. Sayangnya, tak sedikit netizen Indonesia yang melontarkan cibiran pedas terkait seragam tersebut. Sutradara film Joko Anwar bahkan sempat memberikan sindiran negatif di jejaring sosialnya.

“Itu seragam tim Olimpiade Indonesia kalau dari jauh keliatan kayak pake baju terus perutnya berdarah-darah gitu,” kicaunya di Twitter. “Desainer kita bukannya banyak yang bagus-bagus, ya? Ini bungkus permen atau apa sik?”

Walaupun begitu tak sedikit pula yang memberikan respon positif, menganggap seragam tersebut telah memasukkan unsur kearifan lokal dengan sangat baik. Menurut kamu sendiri bagaimana?

Loading...
loading...
Comments
To Top