Indonesia

Duh, SBY Tak Hadiri Pidato Kenegaraan Jokowi, Ada Apa Ya?

Ngetikngetik.com, medan- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato kenegaraan pertamanya di Sidang Tahunan MPR 2015, Jumat (14/8). Pukul 08.25 WIB, Jokowi yang memakai jas hitam dengan dasi merah marun naik ke podium untuk memberikan pidatonya di Ruang Sidang Paripurna I Gedung MPR-RI atau dikenal juga dengan sebutan Gedung Kura-Kura. .

Saat Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan, Presiden Indonesia sebelumnya, seperti Megawati Soekarnoputri, Baharudin Jusuf Habibie tampak hadir mendengarkan. Wakil Presiden periode 2001-2004 Hamzah Haz juga datang. Tidak tampak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wakil Presiden Boediono..

Berkaitan dengan absennya SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat di pidato kenegaraan ini, Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan bahwa SBY sedang berada di luar negeri untuk suatu urusan.

Jika SBY dan Jokowi memiliki hubungan yang baik, tidak demikian dengan SBY dan Megawati yang notabene guru Jokowi.

Sudah menjadi rahasia umum sejak SBY mengundurkan diri sebagai Menteri Pertambangan dan Energi (Mentamben) di era Megawati jadi Presiden untuk kemudian maju jadi presiden hubungan keduanya tidak lagi harmonis.

Apalagi kemudian SBY maju di Pilpres 2004 dan mengalahkan Megawati. Keduanya kemudian jarang sekali berada dalam satu acara bersama. Kalau pun bersama, keduanya tidak saling sapa atau saling mengucapkan salam.

Terakhir saat SBY mengundang Mega untuk hadir di pembukaan Kongres Partai Demokrat di Surabaya pada Mei lalu. Mega hanya mengucapkan selamat namun tak datang di pembukaan.

Loading...
loading...
To Top