Indonesia

Razia Liar Tanpa Plang Dapat Anda Laporkan Ke Pihak Yang Berwajib

Ngetikngetik.com – Kepolisian tak sembarangan dalam melakukan operasi razia di jalan raya. Ada aturan yang harus ditaati oleh anggota polisi saat menggelar razia.

Wakapolres Bogor Kota, Kompol Satya Widhy mengatakan dalam razia resmi, minimal harus dipimpin oleh seorang perwira polisi.

“Lalu saat razia, harus ada papan pemberitahuan kalau sedang ada pemeriksaan,” katanya, Selasa (1/3/2016).

Lanjutnya, beda halnya ketika ada polisi yang sedang berjaga di pos lalu lintas, lalu menemukan pengendara yang melanggar aturan. Anggota polisi tersebut berhak untuk melakukan penindakan.

“Penegakkan hukum langsung misalnya pada saat hunting sytem itu boleh langsung tindak,” terangnya.

“Tapi bila ada di anggota satu atau tiga orang di pinggir jalan, lalu melakukan operasi tanpa ada papan pemberitahuan, itu bisa dipastikan anggota yang melalukan hal tersebut liar karena tak ada instruksi dari pimpinan,” ujarnya.

Bila ada pengendara motor yang menemukan hal tersebut, bisa laporkan ke Propam atau minimal bisa laporkan ke Kantor Polsek terdekat.

Seperti diketahui, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedang melakukan giat Operasi Simpatik yang dilakukan mulai hari ini hingga 21 Maret 2016.

Giat operasi kali ini lebih menitikberatkan pada himbauan dan teguran kepada pengendara yang terjaring operasi.

Mulai Selasa, 1 Maret hingga 21 Maret 2016, Polres Bogor Kota dan seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan melakukan Operasi Simpatik.

Selama 21 hari, secara serentak polisi akan melakukan razia terhadap kendaraan yang melintas di jalan raya.

Informasi sasaran selama razia Operasi Simpatik meliputi:

– Kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan roda dua, ruda empat atau lebih.
– Surat Izin Mengemudi (SIM)
– Helm sesuai SNI
– Spion
– Knalpot sesuai standar
– Ban standar
– Spektek sepeda motor harus sesuai aturan
– Berbagai persyaratan lalulintas bagi kendaran bermotor.

Petugas TNI dan polisi militer turut mendukung jajaran Polri pada saat Operasi Simpatik digelar. Kepala Bagian Operasional (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Kota, Ipda Budi Suratman mengatakan gelar Opeasi Simpatik ini dipusatkan di wilayah kawasan Tertib Lalu Lintas (TLB).

“Di Kota Bogor, kawasan tertib lalu lintas berada di empat ruas jalan yaitu Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ir H Djuanda, Jalan Jalak Harupat dan Jalan Jenderal Ahmad Yani,” kata Ipda Budi.

Loading...
loading...
Comments
To Top