Health

PT KAI Akan Menghadirkan Kereta Klinik Dan Rail Klinik

Ngetikngetik.com, Medan – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana meluncurkan kereta klinik atau rail clinic dalam waktu dekat. Saat ini, rangkaian yang terdiri dari dua kereta ini masih dilakukan penyempurnaan fasilitas kesehatan di Balai Yasa Yogyakarta.

Kepala Balai Yasa Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan, awalnya rail clinic ini merupakan kereta rel diesel (KRD) yang beroperasi di daerah operasi II (Daop II) Bandung, kini diambil alih oleh Daop VI Yogyakarta dan merupakan satu-satunya di Indonesia.

“Nanti pola operasinya multifungsi, bisa mengunjungi stasiun kecil, masyarakat sekitar bisa bergerak (untuk mendapat pelayanan kesehatan-red). Polanya seperti kereta express, ketika dibutuhkan dia jalan,” kata Eko di Balai Yasa Yogyakarta, Rabu, 25 November 2015.

Jika sudah beroperasi nantinya, kereta ini akan melakukan pelayanan kesehatan di Daop 6 Yogyakarta yang membentang sepanjang Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Sragen, Purwosari hingga Wonogiri, Jawa Tengah.

Sementara itu, fasilitas yang dimiliki kereta klinik ini antara lain, ruang periksa umum, ruang farmasi, poli mata, poli gigi, dan ruang apoteker. Selain itu, kereta klinik ini juga dilengkapi dengan ruang bersalin.

“Kalau mau melahirkan di kereta, bisa pesan,” lanjut Teguh sembari berseloroh.

Hendy Helmi, Kepala Daop VI Yogyakarta menambahkan, rail clinic merupakan salah satu bentuk corporate social responsibility (CSR) PT KAI. Sekaligus juga sebagai sarana sosialiasi berbagai program PT KAI kepada masyarakat luas.

“Rail clinic dibuat untuk mengakomodir CSR kereta api. Jadi jangan sampai orang yang berada di sekitar jalur kereta api tidak mendapat manfaat. Ini juga sekaligus sebagai sosialisasi kepada masyarakat mengenai program-program kami,” kata Helmy.

Kereta yang pengerjaannya menghabiskan anggaran sebesar Rp700-Rp800 juta ini, rencananya akan diluncurkan 30 November 2015. Namun, Helmy belum bisa memastikan rencana ini akan terlaksana, karena masih menunggu keputusan dari kantor pusat PT KAI.

Loading...
loading...
Comments
To Top