Muda

Proposal Skripsi Ditolak? Kenali 5 Penyebab Utama Ini!

Ilustrasi. Foto: lesmatematikaakong.wordpress.com

Proposal skripsi merupakan salah satu tahap yang harus dilalui oleh mahasiswa sebelum penelitian sesungguhnya. Biasanya proposal skripsi ini mencakup gambaran singkat dari skripsi yang akan dibuat.

Dengan kata lain, skripsi yang akan dibuat mengacu pada proposal skripsi.

Seperti halnya skripsi, proposal skripsipun sangat penting bagi mahasiswa. Jika proposal skripsinya ditolak, maka sudah pasti skripsi tidak bisa dibuat. Dengan demikian, perhatikan 5 hal penting ini dalam proposal skripsi dibawah ini agar proposal skripsi Anda tidak ditolak:

1. Penjelasan (Latar Belakang Penelitian) yang Tidak Clear

Latar belakang penelitian sangat penting, guna memberikan gambaran umum mengapa penelitian tersebut patut diteruskan. Dengan demikian, jika pada tahap ini mahasiswa tidak mampu menjelaskan dengan gamblang, sudah dipastikan proposal skripsi akan ditolak.

2. Kemungkinan Judul Skripsi Pernah Dibahas Sebelumnya

Sebelum menentukan judul skripsi yang akan dibahas, pastikan dahulu bahwa penelitian Anda sebelumnya belum pernah dibahas oleh mahasiswa lainnya. Mengapa? Karena ini bisa menjadi penyebab kedua mengapa proposal skripsi ditolak. Ini bukan berarti penelitian Anda harus benar-benar berbeda. Jika permasalahannya sama, minimal Anda memiliki metode penelitian serta objek penelitian yang berbeda dari penelitian sebelumnya.

3. Referensi atau Teori yang Kurang Mendukung

Selanjutnya, Anda juga harus memastikan bahwa teori yang Anda gunakan dalam pembuatan proposal skripsi sudah mumpuni. Jangan pernah asal pada tahap ini, karena ini juga menjadi tolak ukur keseriusan Anda dalam pembuatan skripsi. Dengan demikian, pastikan proposal skripsi Anda dibuat dengan referensi yang matang dan mendukung.

4. Penelitan Dianggap Tidak Menarik

Penyebab lainnya yang bisa mengakibatkan proposal skripsi Anda ditolak adalah akibat penelitian dianggap tidak menarik. Biasanya, point ini ada sangkut pautnya dengan point pertama. Ya, jika Anda tidak jelas dalam menggambarkan latar belakang penelitian Anda, maka hal menarik dari penelitian Anda tidak akan ditemukan.

5. Dianggap Asal-asalan

Proposal skripsi memang bukan real skripsi. Tapi bukan berarti Anda boleh asal dalam membuat proposal skripsi. Ingatlah bahwa jika proposal skripsi Anda ditolak, maka Anda tidak akan bisa membuat skripsi Anda.

Kuliah memang perlu tingkat keseriusan yang tinggi dan tentunya niat yang kuat. Dalam pembuatan proposal itu sendiri, usahakan agar Anda rajin share pada dosen dan kakak tingkat Anda agar bisa membuat proposal skripsi sebaik mungkin.

Loading...
loading...
Comments
To Top