Travel

Potret Multikultur Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Medan

Ngetikngetik.com, Medan – Graha Maria Annai Velangkanni adalah sebuah tempat wisata iman bagi umat Katolik yang terletak di Taman Sakura Indah, Jl. Sakura III No. 10, Tanjung Selamat, Medan yang dibangun tahun 2001 – 2005 sebagai tempat untuk berziarah dan berdevosi kepada Bunda Maria Penyembuh Orang Sakit (Our Lady of Good Health).

Disana terdapat bangunan yang unik, Gereja dengan arsitektur bangunan yang menyerupai kuil umat Hindu. Dengan Fasade yang bentuknya seperti candi india yang umumnya ada di tempat-tempat ibadah agama hindu.

Asal usul dari devosi Annai Velangkanni dimulai pada abad ke-17 dimana Bunda Maria yesus dan wanita samaria pernah menampakkan diri di Vailankanni, sebuah dusun pesisir Tanjung Benggala di bagian India Selatan di Provinsi Tamil Nadu, India sekitar abad ke 17.

Dan telah melakukan berbagai mukjizat penyembuhan baik jasmani maupun rohani. Nama Annai Velangkani diambil dari bahasa India. Annai yang berarti bunda dan Velangkanni adalah desa di mana Bunda Maria menampakkan diri.

Puluhan ribu orang datang setiap harinya untuk berziarah ke tempat suci ini penuh dengan iman dan pengharapan untuk mengalami kuasa Tuhan dalam doa dan permohonannya.

Sri Paus Yohannes ke-23 telah menjuluki tempat ziarah itu sebagai “Lourdes dari Timur” dan mengangkat statusnya sebagai BASILIKA.

Graha Annai Velangkanni Tanjung Selamat bukan sebuah duplikat Basilika Vailankanni, karena bentuk bangunan Graha ini sama sekali original dengan penuh makna melalui bentuk arsitektur, simbol-simbol yang menceritakan sejarah kejadian dunia dan keselamatan umat manusia seperti yang tercantum dalam Kitab Suci dan ajaran Gereja Katolik.

Gereja Graha Maria Annai Velangkani atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Velangkani yang merupakan salah satu potret multikultur yang dimiliki indonesia.

Pembangunan gereja ini berawal dari gagasan seorang Pastor James Bharata Putra SJ dan diresmikan oleh Uskup Medan, Mgr. Pius Batubara. Bangunan utama gereja yang menyerupai menara ini terdiri dari dua lantai bangunan.

lantai dasar yang merupakan sebuah aula pertemuan keagamaan dan lantai dua yang digunakan sebagai tempat beribadah serta berdirinya patung Annai Velangkanni dengan puteranya yang secara langsung didatangkan dari india.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top