Peristiwa

Plt Gubsu Dikukuhkan Jadi Warga Kehormatan Sulsel

Ngetikngetik.com – Plt Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi dikukuhkan menjadi warga kehormatan kerukunan keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) wilayah Sumut. Pengukuhan tersebut dilaksanakan pada acara Silaturrahmi Badan Pengurus Wilayah Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPW KKSS) Sumatera Utara, Sabtu (19/9/2015) di Grand Ball Room Restoran Nelayan Jalan Gudang Medan.

Pengukuhan ditandai dengan pemakaian songkok Bugis kepada Tengku Erry Nuradi oleh Wakil Ketua Badan Pengurus Pusat KKSS Dr H Andi Jamaro Dulung, MSi.

Turut hadir pada kesempatan itu mewakili Pangdam 1/BB, dari Komisi Yudisial Prof Ibrahim, Kepala Kanwil BRI Sumut Frans, Ketua BPD KKSS Medan, Pengurus BPW KKSS Riau, Sulsel dan Aceh, Ibu-ibu Wanita Sulawesi Selatan (IWSS), Seluruh Warga KKSS Sumut.

Plt Gubsu pada kesempatan tersebut dalam sambutannya mengharapkan KKSS Sumut dapat terus berkiprah dan ikut memajukan Sumatera Utara.

“Diharapkan eksistensi Etnis Sulawesi Selatan di Sumut kian ditingkatkan, agar warga Sulawesi Selatan terus dapat mewarnai kehidupan dan jalannya pembangunan di Sumatera Utara,” harapnya.

Menurutn Plt Gubsu, adat budaya Sulawesi Selatan dengan Sumut punya banyak kesamaan. Oleh karenanya Plt Gubsu juga mengharapakan agar warga Sulawesi Selatan dapat terus berbaur dengan masyarakat Sumatera Utara dan tetap menjaga hubungan yang baik yang telah terjalin selama ini.

“Dimana langit dipijak, disitu langit dijunjung,” sebut Plt Gubsu

Dia mengatakan banyak tokoh-tokoh dari Sulawesi Selatan yang berhasil. Dicontohkannya Wapres Jusuf Kalla dan banyak lagi tokoh-tokoh yang menjadi pemimpin di tingkat nasional maupun Internasional.

Dengan demikian ini bisa dijadikan untuk merangkul semua warga Sulawesi Selatan khususnya yang ada di Sumut agar dapat bersatu dan terus menjaga hubungan baik demi kemajuan KKSS dan masyarakat pada umumnya.

Tak lupa Plt Gubsu mengucapkan terima kasih karena telah dikukuh menjadi warga kehormatan KKSS Sumut. “Saya merasa bangga dan mengucapkan terima kasih, semoga hubungan baik dapat terus ditingkatkan,” kata Plt Gubsu.

Ketua Badan Pengurus pusat (BPP) KKSS Dr H Andi Jamaro Dulung MSi mengharapkan agar KKSS yang ada di Sumut dapat berbaur dengan masyarakat Sumut dengan tetap mengingat adat budaya daerah asal Sulawesi Selatan.

Hal tersebut, lanjutnya Sesuai dengan pesan orang tua (leluhur) dari masyarakat Sulawesi Selatan, bila merantau, sesampainya ditanah perantauan tanamlah pohon kelapa. Jangan pulang sebelum kau petik buahnya.

Yang artinya, tinggallah lama ditanah perantauan dan jangan pulang sebelum berhasil. Dia juga mengatakan bahwa kemampuan berbaur masyarakat Sulawesi Selatan sangat luar biasa.

“Paling 2 generasi yang mengaku dirinya orang masyarakat, generasi berikut sudah mengaku bahwa dia suku dari masyarakat dimana dia telah tinggal,” sebutnya.

Dia juga mengajak agar KKSS Sumut terus merangkul semua warga Sulawesi Selatan yang ada di Sumut. Tentunya dengan demikian kita semua dapat bersatu untuk kemajuan masyarakat Sulawesi Selatan yang ada di Sumut serta kemajuan Sumut tempat dimana kita berkiprah,” harapnya.

Ketua BPW KKSS sumut menharapkan badan usaha koperasi dapat segera direalisasikan berdiri dibawah kepengurusan BPW KKSS Sumut.

Bentuk keinginan tersebut, dicetuskan bahwa BPW KKSS Sumut telah memprogramkan Usaha Simpan Pinjam, dan membuat suatu lokasi dimana disana akan dibuat seperti asrama yang menampung para mahasiswa/mahasiswi dan di lokasi tersebut juga akan didirikan kantor sekretariat BPWKKS Sumut dan BPD Medan.

“Diharapkan sekembalinya dari acara ini, kiranya BPP dapat menyampaikan aspirasi KKSS Sumut agar Koperasi bisa terealisasi berdiri di Sumut,” harapnya.

Dia menyebutkan ada lebih kurang sepuluh ribu warga Sulawesi Selatan yang berdomisili di seluruh wilayah Sumatera Utara, bukan sekedar mencari nafkah tetapi juga telah berbaur dengan masyarakat Sumut. Tidak sedikit yang telah menikah dengan masyarakat Sumut.

“Kita juga memohon dukungan dari pemerintah daerah agar warga Sulawesi Selatan bisa berbaur dan bersama-sama maju untuk kemajuan Sumut,” katanya. (ksm)

Loading...
loading...
To Top