Peristiwa

Plt Gubernur Serahkan SK Plh Bupati Asahan dan Labuhan Batu

 

Ngetikngetik.com, medan- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bupati Asahan dan Labuhan Batu.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Sofyan ditunjuk sebagai Plh Bupati Asahan, dan Sekda Kabupaten Labuhan Batu Ali Usman Harahap ditunjuk jadi SK Plh Bupati Labuhan Batu.
 
Penyerahan SK digelar secara sederhana di ruang kerja Plt Gubernur Sumut di lantai 9 kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (12/8/2015) kemarin.
 
Hadir saat penyerahan, Asisten Pemerintahan Setdaprov Sumut Hasiholan Silaen dan Kepala Bagian (Kabag) Penyelenggara Otonomi Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Setdaprov Sumut Basarin Yunus Tanjung.
 
Dalam kesempatan itu, Tengku Erry menyatakan, dua SK tersebut guna mengisi kekosongan pimpinan di Asahan dan Labuhan Batu setelah masa periodesasi Bupati kedua kabupaten berakhir pada 19 Agustus 2015.
 
“Tanggung jawab Plh ini menunggu adanya penetapan Penjabat (Pj) Bupati Asahan dan Labuhan Batu. Dengan adanya Plh, roda pemerintahan akan tetap berjalan dengan baik,” pesan Tengku Erry.
 
Secara tegas Tengku Erry juga mengatakan, dengan pengangkatan Sekda masing-masing daerah sebagai Plh Bupati, tidak ada alasan Kabupaten Asahan dan Labuhan Batu lalai menjalankan tugas dan tanggung jawab melayani masyarakat.
 
“Dalam melaksanakan tugas dan wewenang, Plh hanya menjalankan tugas-tugas rutin Bupati. Sedang hal-hal yang bersifat strategis, harus berkoordinasi kepada Pemprov Sumatera Utara,” ujar Tengku Erry.
 
Jika ada hal yang masih memerlukan saran dari pemerintah pusat, selanjutnya Pemprov Sumut akan berkoordinasi kepada Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
 
Tidak lupa Tengku Erry mengingatkan Plh Bupati Asahan dan Labuhan Batu untuk merangkul semua komponen, baik pemerintahan, masyarakat dan terutama dari legislatif agar jalannya roda pemerintahan berjalan baik.
 
“Rangkul semua komponen dan jangan lupa menjaga kekompakan, termasuk menjaga netralitas PNS dalam pilkada,”tegas Tengku Erry.
 
Sementara Plh Bupati Labuhan Batu Ali Usman Harahap menyatakan, siap menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan maksimal.
 
“Ini adalah tugas yang harus saya laksanakan dengan baik. Oleh sebab itu harus diemban semaksimal mungkin,”tutur Usman.
 
Plh Bupati Asahan Sofyan juga mengatakan hal senada. Penyerahan tugas sebagai Plh Bupati Asahan akan diembang dengan baik, sesuai aturan yang berlaku.
 
“Saya juga akan berupaya semaksimal mungkin mengawal netralitas PNS di lingkungan Pemkab Asahan dalam pilkada mendatang. Jika melanggar, kita akan memberikan sanksi tegas,”ujar Sofyan mengakhiri. (ksm)

Loading...
loading...
To Top