Peristiwa

Pesawat Hercules Jatuh di Medan PT Asabri Sebutkan Uang Santunan TNI Korban Hercules Rp100 Juta

Ngetikngetik.com,  Medan – Kepala Kantor Cabang PT ASABRI Medan, Kabul Mulyanto, memastikan seluruh korban Hercules C-130, akan mendapatkan santunan.

Namun proses pencairannya harus menunggu surat dari Panglima TNI melalui KSAU. “Kalau suratnya sudah turun, maka langsung kita proses,” katanya, Kamis (2/7/2015).

Dijelaskannya, ada tiga jenis santunan yang akan diserahkan kepada anggota TNI yang gugur dalam insiden tersebut. Menurutnya, prajurit TNI yang sedang dalam tugas/ operasi menerima santunan risiko kematian nilainya mencapai Rp100 juta. Lalu, ada santunan kematian biasa bagi prajurit TNI, besaranya ditentukan dengan masa tugas dikalikan 3 kali gaji pokok.

“Kita juga memberikan santunan uang duka dan bantuan pemakaman yang mencapai Rp3,5 juta. Jadi berbeda-beda, kalau yang meninggal suami maka uang duka dan bantuan pemakaman sekitar Rp3,5 juta, kalau yang meninggal istrinya Rp3 juta dan kalau anak yang meninggal Rp2,5 juta,”jelasnya.

Mengenai status kematian para prajurit dalam operasi atau tidak, PT Asabri akan menentukannya berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh kesatuan masing-masing.

“Kalau yang ini mereka kan sedang ada tukar piket, berarti mereka sedang operasi tugas,” ungkapnya.

Loading...
loading...
To Top