Tekno

Para Ahli Astronomi Menemukan Lubang Hitam Supermasif Terkecil

Ngetikngetik.com – Para ahli astronomi dari Universitas Michigan menemukan Lubang hitam Supermasi terkecil. Lubang Hitam supermasif lainnya, lubang hitam supermasif satu ini memang tergolong kecil.

Menurut situs LA Times, Lubang Hitam supermasif yang baru ditemukan ini berukuran 100.000 kali lebih kecil dibandingkan dengan lubang-lubang lainnya. Lubang hitam Supermasif ditemukan ditengah galaksi Bima yang berukuran 4 sampai 5 juta berat matahari.

ubang Hitam supermasif tersebut berada di tengah galaksi RGG 118, yaitu sebuah galaksi katai yang berjarak sekitar 340 juta tahun cahaya dari Bumi. Ukuran galaksi RGG 118 yang kecil mengindikasikan bahwa galaksi tersebut belum pernah berinteraksi dengan galaksi-galaksi lain sejak terbentuknya galaksi tersebut.

Belum dapat dipastikan bagaimana lubang supermasi itu terbentuk . Namun, salah satu teori yang ada percaya bahwa Lubang Hitam supermasif terbentuk ketika massa dari bintang mati ambruk ke arah dalam, sehingga terbentuklah medan gravitasi yang sangat kuat.

Kuatnya daya gravitasi menyebabkan benda apapun yang terhisap ke dalam Lubang Hitam supermasif akan hancur seketika.

Loading...
loading...
To Top