Indonesia

Nenek Anami & Mbah Gotho, Orang Tertua di Indonesia Nikah 4 Kali

Ngetikngetik.com – Rata-rata umur manusia di era milenium ketiga ini berkisar antara 60-70 tahun. Bila seseorang memiliki umur di atas rata-rata, orang menyebutnya sebuah mukjizat.

Adalah Nenek Anami dan Mbah Gotho, dua orang yang memiliki umur di atas rata-rata. Umur Nenek Anami tahun ini 141 tahun sementara Mbah Gotho asal Sragen umurnya 145 tahun.

Anami, nenek asal Kabupaten Purwakarta Jawa Barat ini tinggal di Kampung Bungur Sarang, Desa Cisaura, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta. Semasa hidupnya nenek yang pernah bekerja sebagai kuli penderes getah karet di masa penjajahan Belanda ini mengaku pernah menikah hingga 4 kali.

Lucunya, saat ditanya bagaimana rasanya menikah empat kali, nenek Anami pun menjawab dengan pernyataan yang membuat seisi rumah tertawa. “Kawin empat kali. (Rasanya) Yah enak atuh ngerasain yang gimana aja,” kata Nenek Anami kepada merdeka.com saat ditemui di rumahnya, Jakarta, Rabu (13/5/2015) lalu.

Nenek Anami masih mengingat empat nama suaminya yakni Ki Ahlan, Ki Supri, Ki Ingkit dan Haji Masum. Nenek Anami juga menceritakan salah satu suaminya ternyata tukang selingkuh. Karenanya Nenek Anami mengaku pernah dimadu oleh sang suami.

“Saya punya suami nakal sama perempuan lain (istri muda), saya enggak pernah marah. Sabar walaupun setiap pengkolan ada aja selingkuhannya,” akunya.

Hal yang sama juga dialami oleh Mbah Gotho. Pria yang memiliki 3 orang anak, 12 cucu, 17 cicit dan 2 canggah ini juga pernah menikah hingga 4 kali. Yang pertama dia menikahi saudara sepupunya sendiri, namun gagal di tengah jalan. Pernikahannya yang terakhir dengan Rayem yang usainya terpaut jauh dengannya dan sudah meninggal tahun 1997 lalu.

“Saya sudah menikah empat kali, anak saya lima, tapi yang dua meninggal saat masih anak-anak, cucu saya banyak. Tapi istri saya ada yang cerai ada yang meninggal. Tiga anak saya yang hidup hingga dewasa semua dari istri terakhir. Dari tiga itu, sekarang yang dua sudah meninggal juga. Semua saudara saya juga sudah lama meninggal, tinggal saya saja. Saya menuruni simbah saya yang juga panjang umur,” cerita Mbah Gotho yang ditemui merdeka.com, Selasa (30/8) malam di rumahnya.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top