Indonesia

Seram! Makhluk Misterius Ini Dikabarkan Ada Di Indonesia

Ngetikngetik.com, Medan – Indonesia memang kaya akan berbagai suku dan budaya. Oleh karena itu, layaklah kalau Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata budaya bagi banyak turis dari mancanegara. Selain kaya akan keindahan alam, ada banyak cerita tradisional dan misterius yang banyak beredar di masyarakat bahkan dipercaya sampai saat ini.

Salah satu kisah misterius yang masih bertahan sampai saat ini adalah tentang keberadaan Orang Bati. Bagi masyarakat dari Ambon, cerita ini mungkin sudah menjadi cerita umum yang diketahui bagi banyak orang. Namun bagi masyarakat luas, belum banyak yang tahu tentang cerita Orang Bati ini. Anda bisa mengetahui lebih lanjut tentang cerita Orang Bati ini sekarang.

Siapakah Orang Bati itu?

Legenda Orang Bati ini berasal dari Pulau Seram, Ambon Maluku. Menurut beberapa orang yang tinggal di sana, pernah ada makhluk menyeramkan dan misterius yang tinggal di dekat Gunung Kairatu. Bentuknya tidak seperti orang kebanyakan. Tubuhnya menyerupai manusia namun memiliki sayap. Orang Bati dipercaya suka menculik anak-anak kecil terutama pada malam hari. Anak-anak itu akan menjadi santapannya.

Cerita tentang Orang Bati ini memang sudah lama ditulis oleh para misionaris Kristen pada abad ke 15 atau sekitar abad 16. Dalam tulisan para misionaris tersebut dikatakan bahwa makhluk menyeramkan tersebut sering menyerang desa di Seram hingga semua penduduk merasakan ketakutan. Menurut cerita masyarakat pribumi, monster ini akan diam di gunung pada siang hari dan akan menyerang pada malam hari.

Cerita lain datang dari misionaris Inggris Tyson Hughes yang pernah datang ke Pulau Seram pada tahun 1987. Saat itu, dirinya membantu proyek perbaikan sistem pertanian.

Pada awalnya dia tidak terlalu percaya dengan keberadaan orang Bati namun dari kisah penduduk, misionaris ini mulai menbenarkan keberadaan orang Bati. Dia mengatakan orang Bati mirip dengan kelelawar besar yang berekor sangat panjang.

Orang Bati di Negara Lain

Selain dikatakan bahwa monster yang satu ini hidup di Pulau Seram, ternyata ada juga makhluk serupa orang Bati di luar negeri. Di Vietnam dan Filipina, banyak ditemukan makhluk yang bisa terbang dengan sebuah sayap yang sangat besar dan sering membunuh ternak.

Pada awalnya monster ini dianggap sebagai monyet terbang namun lalu orang Bati dianggap sebagai hasil persilangan antara burung dengan kelelawar.

Kisah Hidup Orang Bati

Di Zambia, Afrika Tengah juga pernah ditemukan makhluk besar yang suka terbang dan berbadan merah. Makhluk tersebut juga sering disebut sebagai setan terbang. Keberadaan orang Bati di Pulau Seram ini sampai sekarang masih menjadi legenda yang setiap tahunnya selalu menjadi kepercayaan bagi masyarakat di Ambon. Benar atau tidaknya orang Bati ini memang masih dipertanyakan. Namun kita sebaiknya tidak menganggap hal ini sebagai sebuah ketakutan saja namun anggaplah menjadi sebuah kekayaan budaya bagi bangsa yang patut untuk tetap diceritakan kepada anak-anak kita nantinya.

Loading...
loading...
To Top