Tekno

Keren! Lift ke Ruang Angkasa Dipatenkan

Ngetikngetik.com –  perusahaan asal Kanada yang membuat gadget mungil untuk dibawa ke luar angkasa, punya ambisi lain. Mereka ingin membuat lift ke ruang angkasa, yang bisa dimanfaatkan untuk banyak fungsi. Mereka sudah mematenkan desainnya.

Strukturnya berupa menara atau terowongan vertikal, yang menjulang ke langit setinggi sampai 20 kilometer. Ini 20 kali lebih tinggi dibandingkan Burj Khalifa di Dubai, bangunan tertinggi di dunia saat ini.

Astronaut bisa naik ke ketinggian 20 kilometer dengan lift listrik,” kata Brendan Quine, penemu desain tersebut. “Dari puncak menara, pesawat ruang angkasa cukup meluncurkan satu stage ke orbit, kembali ke puncak menara untuk mengisi bahan bakar atau mengangkut lagi.”

Thoth berpendapat bahwa penemuan tersebut akan menawarkan “Cara baru yang mendebarkan untuk mengakses luar angkasa dengan menggunakan perangkat keras yang dapat didaur ulang.” Penggunaan menara tersebut juga dinyatakan lebih hemat bahan bakar hingga 30 persen dibandingkan dengan roket-roket umum lainnya.

Meluncurkan pesawat ulang alik dari atas menara akan berbeda dengan meluncurkan pesawat tersebut dari atas permukaan tanah. Dikutip dari situs CNET, proses peluncuran pesawat ulang alik dari puncak menara akan serupa dengan proses lepas landasnya pesawat biasa.

Loading...
loading...
To Top