Health

Lapar Mata? Hati-hati, Ini Efeknya Bagi Kesehatan Kita

Ngetikngetik.com, – Semua orang bisa dipastikan pernah mengalami yang namanya ‘lapar mata’. Ya, hal tersebut kerap sekali dialami setiap orang untuk mengonsumsi suatu jenis makanan tertentu.

Jika hal ini terus dibiarkan, tentu mempengaruhi banyak hal di antaranya, pola makan yang menjadi tak sehat karena kadar gula, garam, dan lemak yang sulit dikontrol, juga akan timbul berbagai macam penyakit berbahaya.

“Makanan itu erat kaitannya dan jelas memengaruhi kesehatan kita. Kalau dulu, penyakit menular yang jadi masalah utama di Indonesia, tapi sekarang penyakit tidak menular yang menjadi focus, karena ini adalah silent killer,” kata Kepala Subdit Pengendalian Diabetes Melitus dan Penyakit Metablolik Kementerian Kesehatan Dyah E Mustikawati di Jakarta Food Editor’s Club (JFEC) Gathering di Senopati, Jakarta (18/10/2016).

“Kalau kita makan tidak sesuai kebutuhan, kemudian terakumulasi, dan tidak terasa bisa menjadi berbagai macam penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan kronis,” tambahnya.

Pada acara yang digelar PT Unilever Indonesia ini Dyah menjelaskan, food craving dipicu karena factor emosional maupun hormonal. Sedangkan food addiction ini akibat terbiasa dan mengalami ketergantungan terhadap suatu jenis makanan.

Biasanya, orang-orang mengalami adiksi terhadap jenis makanan yang bersifat adiktif, seperti gula, garam, lemak, tepung, gandum, dan protein.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top