Travel

Kilauan Mutiara Lombok Yang Mempesona

Ngetikngetik.com, Medan – Berwisata, tak lengkap rasanya jika tidak berdampingan dengan belanja. melihat dan memilih souvenir yang khas suatu daerah, menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Pulau Lombok juga telah lama menjadi salah satu daerah penghasil mutiara unggulan di Indonesia. Jika dibandingkan dengan produk mutiara pada umumnya, keunggulan mutiara Lombok terlihat dari warnanya yang keemasan.

Seiring dengan maraknya produksi mutiara, di Lombok kini banyak bermunculan perusahaan mutiara dengan totoal investasi mencapai miliaran rupiah. Salah satu toko mutiara yang ada di Lombok adalah Gem Pearl. Toko mutiara yang berlokasi di kawasan Senggigi, Lombok Barat, ini menyimpan berbagai koleksi mutiara khas Lombok.

Akbar, salah satu pegawai Gem Pearl saat ditemui Liputan6.com, Senin (16/11/2015) menuturkan, ada beberapa warna mutiara yang menjadi koleksi Gem Pearl, yaitu warna krem, putih, hitam, dan gold. Warna gold menjadi warna khas mutiara Lombok.

“Ini mutiara khas Lombok, warna mutiaranya seperti berlapis emas,” ungkapnya.

Akbar juga menjelaskan, kualitas mutiara Lombok tidak kalah dengan produk luar negeri. Mutiara Lombok merupakan mutiara air laut dengan kualitas baik. Kualitas ini telrihat dari kilau mutiaranya yang sempurna, dan bentuknya yang besar. Kilau mutiara dan bentuknya yang besar tentu mempengaruhi tingginya harga mutiara itu sendiri.

Gem Pearl menjajakan berbagai jenis mutiara, baik mutiara air tawar dan air laut. Bahkan tidak hanya mutiara Lombok, toko ini juga menjajakan mutiara yang import langsung dari Tahiti. Harga mutiara yang ditawarkan toko Gem Pearl juga bervariatif dan cenderung terjangkau, mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 77 juta.

Menurut catatan, produksi mutiara Nusa Tenggara Barat dalam setahun mencapai 1,8 ton, dengan luas lahan produksi hingga 19.000 hektar yang tersebar di sepanjang pesisir. Selain dijajakan di Lombok dan menjadi daya tarik wisata, mutiara Lombok juga diekspor ke berbagai negara, seperti Amerika, Australia, Jepang, dan Cina.

Berkembangnya industri mutiara di Lombok tentu berimbas positif bagi kemajuan pariwisata di daerah tersebut. Kilauan mutiara Lombok menjadi salah satu alasan kuat mengapa wisatawan harus berkunjung ke Lombok. Hal ini membuktikan, keragaman alam dan budaya merupakan salah satu pesona Indonesia.

Loading...
loading...
Comments
To Top