Sains

Kelinci Ini Paling Langka di Dunia! Di Temukan Terakhir 17 Tahun Yang Lalu

ini-rupa-kelinci-paling-langka-di-dunia

Ngetikngetik.com – Di tahun 1999 silam, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Diana Bell dari Universitas of East Anglia (UEA) berhasil mendokumentasikan kelinci belang Annamite di hujan perbatasan Laos dan Myanmar. Setelah 17 tahun, kelinci itu akhirnya berhasil ditemukan kembali.

Orang yang beruntung melihat kelinci yang diklaim paling langka di dunia itu adalah Sarah Woodfin, ilmuwan dari UEA. Wanita berkacamata itu rela membuat penelitian selama 3 bulan demi menemukan kelinci Annamite.

Mungkin tengah dinaungi dewi fortuna, Sarah berhasil menemukan kelinci itu dengan tidak sengaja di malam pertama pencarian mereka. Kelinci itu terlihat sedang mencari makan di sekitar sungai saat Sarah dan timnya sedang melihat-lihat kawasan sekitar tenda mereka.

“Aku tidak menyangka bisa melihat kelinci Annamite dari jarak sangat dekat, bahkan bisa menggendongnya. Aku sangat beruntung mengingat kemungkinan terbesar dari pencarian ini aku hanya bisa melihatnya dari kejauhan saja,” ungkap Sarah, Daily Mail (03/06).

Salah satu anggota tim Sarah memang beruntung bisa menangkap kelinci Annamite dan membawanya ke tenda untuk pengamatan singkat sebelum dilepaskan kembali ke alam.

“Aku langsung tahu bila itu adalah kelinci Annamite saat pertama melihat dari belangnya. Kelinci Annamite ini sangat mengagumkan dengan belang-belang gelap di tubuh mereka. Terlebih, mereka lebih besar dari apa yang selama ini kami pikirkan,” lanjut Sarah.

Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan bisa membantu ilmuwan memahami lebih dalam habitat, persebaran, dan jumlah kelinci Annamite di alam bebas. Ini penting mengingat saat ini populasi kelinci Annamite diklaim semakin terancam akibat penggundulan hutan.

“Ironisnya, ada kemungkinan kelinci Annamite terancam punah karena penggundulan hutan dan perburuan,” ungkap Sarah.

Loading...
loading...
To Top