Bisnis

Jokowi Ajak Ahli IT Indonesia di AS Pulang, Apa Iming-imingnya?

Jokowi di Papua. Foto: Kompas

Ngetikngetik.com – Maya, profesional muda di bidang IT yang telah lama berkarier di Silicon Valley, San Fransisco, Amerika Serikat (AS), terjebak dalam dilema ketika dihadapkan pada pilihan akan tetap di negeri orang atau kembali ke Tanah Air.

Maya yang bernama lengkap Maya Eko Rini itu tidak pernah merasa yakin kariernya akan berkembang jika memilih pulang ke Indonesia karena belum banyak kebijakan yang mendukung profesional untuk berwirausaha.

Maka wajar jika perempuan yang berprofesi sebagai software engineer itu kemudian tampak demikian bersemangat ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan menemui masyarakat dan diaspora Indonesia yang menetap di San Fransisco.

Maya pun hadir pada Selasa malam sekitar pukul 19.00 waktu setempat, Auditorium Palace of Fine Arts, San Fransisco, karena sangat ingin menanyakan langsung kebijakan apa yang ditawarkan Presiden Jokowi kepada para profesional seperti dirinya.

Malam ini Gedung Teater kebanggaan masyarakat di San Fransisco itu pun dibanjiri hingga 800 orang Indonesia yang rindu ingin bertemu Presidennya.

Maka Maya pun langsung tunjuk tangan ketika Presiden Jokowi membuka sesi tanya jawab dengan masyarakat dan diaspora Indonesia soal apa pun.

“Apa kira-kita yang diusung Pemerintahan Jokowi terkait kemudahan atau insentif untuk start up lokal Indonesia?” Ucap Maya lantang.

Baginya untuk kembali pulang ke Indonesia, merintis bisnis masih mendatangkan keraguan yang besar.

“Untuk kami kembali pulang ke Indonesia merintis bisnis agak bagaimana gitu ya, kalau di Singapura, Brunai, Malaysia pemerintahnya sudah memberikan banyak kemudahan. Kemudian di Chili, di Belanda juga. Bagaimana di Indonesia,” katanya.

Ia sempat mendengar ada dana Rp12 triliun akan digelontorkan dalam bentuk pinjaman untuk generasi digital maka ia pun mempertanyakannya.

Segudang keraguan Maya sejatinya mewakili ratusan ribu diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia.

Pulang Saja

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top