Dunia

Inilah Sosok Paman Sam, Sosok Sederhana di Balik Julukan Amerika Serikat

Samuel Wilson si Paman Sam. ©2015 Wikimedia Commons/Grzegorz D?browski

Samuel Wilson si Paman Sam. ©2015 Wikimedia Commons/Grzegorz D?browski

Ngetikngetik.com – Sejak berabad-abad lalu, Amerika Serikat sudah terkenal dengan julukan negeri Paman Sam. Warga negara lain mungkin bertanya-tanya, siapa Paman Sam ini. Mungkin tak sedikit yang berpikir kalau dia adalah salah satu mantan presiden atau founding fathers yang ikut mendeklarasikan kemerdekaan negeri adikuasa tersebut. Tetapi Samuel Wilson, si Paman Sam ternyata cuma orang biasa.

Nama Paman Sam mulai dikenal pada tahun 1813. Samuel Wilson adalah seorang tukang daging dari Troy, New York. Dia menyuplai daging sapi segar untuk Angkatan Darat Amerika Serikat pada masa perang tahun 1812.

Dilansir History, Wilson (1766-1854) biasa mengantarkan daging dengan tong yang diberi cap US, kependekan dari United States atau Amerika Serikat. Namun singkatan ini segera menjadi bahan lelucon bagi para tentara. United States dipelesetkan menjadi Uncle Sam. Pelesetan ini akhirnya jadi populer, sampai surat kabar lokal ikut-ikutan menggunakan julukan tersebut.

Sosok Paman Sam mulai dipopulerkan lewat kartun bertema politik yang dibuat Thomas Nast pada akhir 1860-an dan 1870-an. Paman Sam digambarkan sebagai pria tua berjenggot putih lebat yang mengenakan jas bermotif bintang dan garis-garis.

Namun gambar Paman Sam yang paling terkenal adalah bikinan James Montgomery Flagg (1877-1960). Paman Sam versi Flagg memakai topi tinggi dan jaket biru. Sosoknya populer berkat poster lowongan untuk tentara pada Perang Dunia I. Saat itu Amerika Serikat membutuhkan sebanyak mungkin warga untuk bergabung sebagai prajurit.

Dalam poster yang muncul di sampul Leslie Weekly di Juli 1916 tersebut, Sam menatap lurus-lurus sambil berkata, “Aku Menginginkanmu Untuk Tentara Amerika Serikat”.

Poster itu kemudian diserbarluaskan ke seluruh pelosok negeri dan mengukuhkan nama Paman Sam sebagai citra Amerika Serikat. Kota Troy sendiri dengan bangga menyebut dirinya sebagai ‘kampung halaman Paman Sam’.

Loading...
loading...
To Top