Dunia

Inilah Pasukan Elite Penebar Teror Bak ‘Malaikat Maut’

Ngetikngetik.com – Pemerintahan Filipina di bawah kepemimpinan Presiden Rodrigo Duterte kini tengah gencar memburu para kartel narkoba. Perintah langsung diberikan oleh presiden, tak hanya kepada aparat keamanan negara itu, tapi juga seluruh rakyatnya.

Sesaat setelah menduduki jabatannya, Durterte langsung menyatakan perang terhadap bandar narkoba. Tak hanya itu, dia juga menjanjikan hadiah bagi warga sipil yang berani menangkap atau membunuh buruannya, tentunya jika dianggap melawan.

Alhasil, dalam waktu singkat seluruh markas sang kartel diserbu, baik oleh rakyat, pasukan paramiliter bahkan ormas setempat. Korban pun berjatuhan, kebanyakan yang tertangkap merupakan bandar kecil, tapi itu tak membuat massa mengurungkan niatnya.

Yang lebih sadis lagi, bandar-bandar itu harus mengalami penyiksaan sebelum merenggang nyawa.

Perang terhadap narkoba ini juga melibatkan pasukan elite di kepolisian, mereka adalah Special Action Force atau disingkat SAF. Selain menanggulangi terorisme, satuan ini juga banyak menjalani medan pertempuran di selatan Filipina, termasuk melawan Abu Sayyaf.

Saat berada di medan tempur, mereka bertindak layaknya sang malaikat maut, bergentayangan mencari musuh. Kini, medan yang dihadapi bukan hanya selatan Filipina, tapi juga pusat kota, termasuk Manila sendiri. Para kartel kini tengah menjadi buruan besar-besaran.

Tidak terhitung jumlah penggerebekan yang mereka lakukan, baik yang ditangkap dalam keadaan hidup maupun hanya tinggal jasadnya saja.

Di Brazil sendiri, peredaran narkoba dan berkuasanya para kartel telah meresahkan masyarakat. Mereka tak segan membunuh atau menyiksa warga yang dianggap sebagai penghalang berlangsungnya bisnis haram tersebut.

Untuk mengatasi aksi brutal para kartel tersebut, kepolisian Rio De Janeiro telah membentuk satuan khusus. Satuan ini diberi nama Batalion Operasi Khusus Polisi atau bahasa aslinya Batalhao de Operacoes Policiais Especiais atau disingkat BOPE.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top