Lifestyle

Ini Sejarah dan Teknik Dasar Bermain Alat Musik Saxophone

Saxophone

Ngetikngetik.com – Alat musik saxophone memanglah tergolong alat musik yang masih muda bila dibandingkan dengan flute, clarinet, oboe dan lainnya tapi semenjak penciptaannya, saxophone telah menagkap hati kalangan pecinta musik karena suara yang dihasilkannya menciptakan suasana romantis dengan suaranya yang halus dan lembut. Dalam artikel saya kali ini saya akan membahsa tentang sejarah dari saxophone ini dan juga teknik dasar dalam memainkan saxophone.

Sejarah Saxophone

Sedikit  orang yang mengetahui tentang sejarah saxophone ini dan mungkin para pemain sxohone pun sebagian besar tidak mengetahui sejarah alat musik yang dimainkannya tersebut. Saxophone sebenarnya ditemukan pada abad 19 an oleh Antoine Joseph Sax atau disebut juga Adolphe Sax yang berkebangsaan Belgia dan merupakan seorang musis berbakat serta pembuat alat musik pada zaman tersebut. Saxophone diidaftarkan hak patennya pada tanggal 20 Maret 1846. Model saxophone yang pertama kali diperkenalkan kepada dunia adalah C Bass.

Adolphe Sax  melihat kesempatan untuk memperkenalkan alat musik terbarunya pada saat “battle of the band” militer Perancis pada tahun 1845 dan memenangkan pertandingan tersebut dengan band nya yang berjumlah 28 orang. Semenjak saat itu Saxophone telah menjadi bagian band untuk pertama kalinya yaitu bagian band militer Perancis. Berpuluh-puluh tahun kemudian saxophone udah menyebar keseluruh dunia dan dipaaki untuk musik-musik jazz dan musik-musik dansa.

Teknik Dasar Dalam Bermain Saxophone

Dalam  bermain alat musik saxophone maka tenik dasar yang harus diketahui adalah embouchure, tongu dan breathing. Embouchure artinya mulut sungai dalam bahasa Perancis yang merupakan formasi anatomi mulut dan baian-bagian sekitarnya ketika akan meniup mouthpiece. Teknik embouchure ini sangat penting untuk mengendalikan permainan saxophone dan menghasilkan nada-nada atau suara yang baik pula.

Tongue merupakan teknik dasar bermain saxophone dimana anda harus menyentuhkan lidah anda terhadap bagian reed dari saxophone sambil mengucapkan “dah” yang akan memberikan aksen dalam memainkan saxophone.

Teknik breathing atau pernapsan merupakan teknik yang dipakai dalam memainkan semua alat musik tiup dan juga berbagai macam bidang lainnya seperti menyanyi dan sebagainya. Teknik pernapsan ini juga baik untuk kesehatan manusia. Dalam bermain saxophone pun anda harus menguasai teknik pernapasan perut dan juga dada. Latihlah pernapsan anda secara rutin agar dapet bermain saxophone dengan baik agar dapat memainkan saxophone dengan baik.

 

Loading...
loading...
To Top