Editor's Choice

Ini Kisah Wartawan di Balik Foto Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Ngetikngetik.com, Jakarta – Karya besar untuk bangsa Indonesia sampai saat ini: foto Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi dan Wakil Presiden Mohammad Hatta berdiri di sisi kiri. Anda tahu siapa pejuang di balik foto itu? dialah wartawan bernama Frans Sumarto Mendur bersaudara.

Bagaimana kisahnya? kompas.com, pada 17 Agustus 2014, memublikasikan cerita itu dengan mengutip dari pendiri fotografer.net, Kristupa Saragih, berikut ini.

Suatu pagi di bulan puasa, 17 Agustus 1945. Frans Sumarto Mendur mendengar kabar dari sumber di harian Asia Raya bahwa ada peristiwa penting di kediaman Soekarno.

Alexius Impurung Mendur, abangnya yang menjabat kepala bagian fotografi kantor berita Jepang Domei, mendengar kabar serupa. Kedua Mendur bersaudara ini lantas membawa kamera mereka dan mengambil rute terpisah menuju kediaman Soekarno.

Kendati Jepang telah mengaku kalah pada sekutu beberapa hari sebelumnya, kabar tersebut belum diketahui luas di Indonesia.
Radio masih disegel Jepang dan bendera Hinomaru masih berkibar di mana-mana. Patroli tentara Jepang masih berkeliaran dan bersenjata lengkap.

Dengan mengendap-endap, Mendur bersaudara berhasil merapat ke rumah di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Cikini, Jakarta, tatkala jam masih menunjukkan pukul 05.00 pagi.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8

Loading...
loading...
To Top