Hiburan

Indonesia Pelopor Rock n Roll Belanda

Ngetikngetik.com – Indonesia selayaknya bangga karena terbukti dalam sejarah musik Dunia para pelopor musik rock n roll Belanda ternyata orang orang yang lahir atau mempunyai darah Indonesia. tak lama setelah kemerdekaan Indonesia resmi diakui kerajaan Belanda pada 27 desember 1949 terjadilah imigrasi besar besaran orang indonesia kesana(Belanda).

Kebanyakan dari mereka adalah oran orang indonesia timur yang inigin mencari kehidupan yang lebih baik di Belanda.

Kota den haag pada saat itu adalah kota dimana populasi orang indonesia terbnayak di Belanda selain amsterdam dan kota kota lainya di belanda.di pertengahan ’50 an  di setiap akhir pekan dikota tersebut diselenggarakan pesta yang kerap dihadiri anak anak muda di indonesia dan eropa.anak anak muda indonesia yang hadir disana kerap memainkan musik keroncong.

Hawaian yang kemudian dipadukan dengan rock n roll yang memang saat itu rock n roll masih menjadi  trend pada saat itu. Dan, uniknya anak anak muda belanda sendiri pada awalnya terbilang konservatif.karena imej yang liar dan urakan tak banyak diantara mereka yang memainkan rock n roll dan cenderung memainkan musik jazz modernpada saat itu.

Pada perkembangan berikutnya perkawinan antara musik keroncong khas indonesia dengan rock n roll inilah akhirnya yang yang kemudian melahirkan sub genre musik baru yang disebut INDOROCK. sebuah jenis musik rock yang kentarl akan aliran istrumentalnya.

Menurut pakar indorock belanda piet Muys, style musik ini awalnya dipengaruhi oleh lagu lagu tradisional portugis yang dimainkan dengan gitar  yang masuk ke indonesia timur pada abad ke 14.jenis musik ini kemudian menjadi musik keroncong. sementara rock n roll sendiri pertama dikenla anka anak muda indonesia peranperan stasiun radio Amerika yang memancarkan gelombang mereka dari Australia dan filipina.

Radio radio ini sering memutar lagu lagu milik pionir rock n roll seperti less paul, chuck berry Bil halley elvis presley, fats domino,jerry lee Lewis,Litlle richard dan sebagainya.

Para pelopor indorock kebanyakan personilnya campuran orang indonesia ,Suriname dan blasteran indo belanda.ini tersebar di berbagai kota dibelanda yang kemudian membentuk scene musik indie masing masing.dari kota den haag sendiri banyak melahirkan pioni pionir indorock seperti The room rocker(1957) The hot jumper (1958) The crazy rocker.

The black dynamite dan his real rocker(yang pada tahun 1962 berubah nama  menjadi javalins) Dan yang paling melegenda dan terkenal tentu the TIELMAN Brothers. sementara dari rotterdam eksis The rocking Diamonds” band band indorock biasanya memiliki tiga gitaris dan sangat menggemari rif rof gitar les Paul dan jug aterinsirasi dari band band seperti The venture dan the string A longs” tulis piet Muys.

 

Loading...
loading...
To Top