Indonesia

Ikon Nasional yang Dilupakan, Salah Satunya Tari Serampang Dua Belas

Ngetikngetik.com,  – Presiden Sukarno pernah mengundang kelompok tari asal Medan untuk menampilkan tari Serampang Dua Belas di Istana Negara.

Kecintaan Sukarno pada tarian muda-mudi Melayu ini juga diperlihatkan dengan menjadikannya sebagai bagian dari diplomasi budaya, yang kerap dibawa dan dipentaskan di banyak negara.

Tak hanya itu, bahkan Sukarno pernah menjadikan tarian Serampang Dua Belas sebagai tarian nasional dan menjadi bahan ajar wajib di seluruh sekolah di Indonesia.

Setelah bertahun-tahun, perkembangan tarian ini makin menyurut. Hal tersebut tentu disebabkan oleh berkurangnya minat generasi muda dengan segala hal yang bernuansa seni tradisi, termasuk pada tari Serampang Dua Belas.

Atas dasar itulah, Anjungan Sumatera Utara, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akhir pekan lalu menggelar Festival Tari Serampang Dua Belas se-Nusantara.

Retno, budayawan Melayu yang juga menjadi juri dalam gelaran tersebut kepada Liputan6.com mengatakan, tari Serampang Dua Belas bukan hanya sekadar tarian, di dalamnya terdapat makna dan filosofi yang mendalam tentang tata cara pergaulan muda-mudi dalam budaya Melayu.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top