Peristiwa

Ikan Gupi, Ikan Yang Telah Mati Mampu Berkembang Biak Dengan Baik

Ngetikngetik.com, – Penelitian terbaru soal ikan gupi (Poecilia reticulata) membuat ilmuwan di Amerika Serikat tercengang. Pasalnya ikan yang jika di Indonesia dikenal sebagai ikan cere ini, ternyata mampu melakukan proses berkembang biak bahkan setelah ia mati.

Hal itu diungkap Ilmuwan dari University of California, bahwa sperma ikan cere jantan mampu bertahan selama 10 bulan di rahim betinanya. Artinya meskipun ikan jantan sudah mati, ikan betina akan tetap bisa berkembang biak dengan melahirkan telur-telurnya.

Dilansir dari huffingtonpost.com, ikan cere betina mempunyai rentan usia lebih lama ketimbang ikan jantan. Ikan cere betina mempunyai usia rata-rata 2 tahun, sedangkan pejantan hanya bertahan hidup selama 3-4 bulan.

“Selain belajar tentang penyimpanan sperma, ini adalah pertama kalinya kami belajar tentang perbedaan besar dalam umur antara pria dan wanita,” ujar UCR Biologi, Profesor David Reznick.

Selain belajar tentang penyimpanan sperma, Reznick juga mempelajari karakter ikan cere betina. Menurutnya ikan cere betina mempunyai karakter yang unik menyoal perkawinan. Ia mengatakan jika ikan betina menginginkan kawin, maka ikan cere betina akan bergaul dengan ikan cere betina lain yang kurang menarik. Hal itu kata Reznick akan membuat ikan cere betina menjadi paling menarik di mata ikan cere jantan.

“Sebaliknya, ketika guppy betina tidak menerima kawin, mereka akan menghabiskan waktu dengan betina yang lebih “seksi” sehingga mereka akan menjadi betina yang paling tidak diinginkan ikan jantan,” ujarnya.

Loading...
loading...
Comments
To Top