Tekno

Gara-gara Penonton Naruto Semakin Banyak, Global TV Ungguli Trans TV

Ngetikngetik.com – Performa Naruto semakin perkasa di layar kaca Tanah Air. Terbukti dari perolehan rating pada Minggu kemarin (31/5) yang berhasil naik menempati posisi ke-7 teratas menurut data kepermisaan ABC. Sebelumnya, Naruto hanya mampu menduduki di peringkat 12

Jika menengok data top 15 parameter ABC (31/5), ada satu program Global TV yakni Naruto tepat berada di posisi 6. Program animasi Jepang ini meraih TVR 2,8 dan TVS 15,4. Meski belum mengungguli sinetron Preman Pensiun 2, namun Naruto naik 5 peringkat dari perolehan jumlah penonton pada hari sebelumnya. Menilik data kepermisaan pada Sabtu (30/5), Naruto menempati posisi ke 12 dengan perolehan TVR 2,4 dan TVS 13.

Meningkatnya perolehan penonton Naruto, mempengaruhi performa Global TV di dunia pertelevisian. Jika biasanya posisi Global TV berada dibawah Trans 7 dan Trans TV, kini Global TV konsisten diapit oleh dua Trans tersebut. Trans 7 berada diposisi ke-6 sementara Trans TV menempati posisi ke-8.

Dilansir laman Global TV, Naruto sempat mengangkat posisi Global TV memimpin duo Trans pada Jumat tanggal 17 April 2015. Pada tanggal itu, Global TV menjadi stasiun TV nomor 6 dengan perolehan share 7,5. Mengalahkan Trans TV yang hanya meraih share 7,3 dan Trans 7 dengan share 7,2.

Awalnya Naruto (sebelum Shippuden) pernah ditayangkan di Trans TV, tetapi waktu itu anime tersebut tayang pada senin hingga Jumat pada 11.00 WIB. Jadi banyak penonton yang sulit menontonnya lantaran jam tersebut merupakan jam aktif bekerja dan sekolah. Tak heran bila penonton Naruto di Trans TV minim. Akhirnya stasiun Global TV yang dekat dengan target penonton anak-anak itu membeli hak tayangnya dan menambahkan episode Naruto di jam tayangnya, yang dimulai dari season pertama sampai season 3.

Tayangan Naruto sempat diberhentikan dari Global TV dengan alasan tidak ada jam tayang karena terhalang oleh beberapa tayangan baru. Namun, akhirnya Global TV melanjutkan kembali episodenya dengan memajukan jam tayang menjadi pukul 17.00 WIB. Strategi ini pun bisa dirasa cukup berhasil bagi Global TV.

Untuk memperolehan rating dan share yang tinggi itu memang tidak hanya karena secara produksi tampilan programnya bagus tapi juga ditentukan oleh jam tayang (time slot).

Loading...
loading...
To Top