Peristiwa

Foto Pria Berkalung Salib Bangun Masjid di Tual Bikin Orang Haru

Ngetikngetik.com – Sebuah foto pria berkalung salib sedang memanggul semen menuai pujian di media sosial. Sepanjang hari, pria itu mondar mandir mengangkut semen untuk membantu pembangunan masjid di Kota Tual, Maluku.

Adalah Hafiedz Khaulani Uar yang mengunggah foto tersebut. Dia ingin kisah ini diketahui dunia.

“Beta mau kasih tahu dunia kalau kemarin tanggal 1 Mei 2016, kakak laki-laki yang pakai kalung salib ini pikul semen dari pagi sampai malam. Kenapa sampai beta mau kasih tahu dunia? Karena dia pikul semen ini untuk pembangunan masjid di Kota Tual, Maluku,” kata Hafiedz dalam akun sosial media miliknya.

“Beta bangga, beta senang karena di Maluku, khususnya pulau KEI kita orang hidup rukun berbeda-beda agama. Bukan karena beta Muslim, bukan karena beta Kristen, tapi karena beta orang KEI.”

Kepada merdeka.com, Hafiedz bercerita sikap saling menghargai membuat antarumat beragama saling bekerja sama dan tidak segan mengulurkan tangannya.

“Kan kebetulan pernah ada konflik. Kemarin sampai bangga banget soal kerja sama antara Kristen dan Islam, karena pernah konflik tapi sampai sekarang masih bisa kerja sama. Terus di sini persaudaraan kuat banget. Bukan karena membandingkan agama, tapi karena adat itu,” kata Hafiedz saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu (4/5).

Dia melanjutkan, faktor marga yang membuat penganut Islam dan Kristen bersatu. Sebab, dalam satu marga bisa masing-masing ada yang menganut Kristen maupun Islam. Hal ini pula yang membuat kawasan ini paling sebentar terlibat dalam konflik sekterian di Maluku.

“Konfliknya waktu itu cuma tiga hari sampai empat hari, setelah itu didamaikan adat, tetua adat, habis itu selesai,” kenangnya.

Karena faktor persaudaraan itulah membuat pemuda-pemuda di kota tersebut saling menjaga satu sama lainnya, terutama ketika memperingati hari besar keagamaan.

“Kalau Natal, misal ada beberapa organisasi Muslim jagain gereja. Kalau malam takbiran komunitas kristen yang jagain jalan,” ungkap dia.

“Setelah saya posting langsung heboh, dapat like sampai ribuan,” ujarnya.

Loading...
loading...
Comments
To Top