Lifestyle

Festival Tana Toraja Akan Digelar Pekan Ini

Ngetikngetik.com, medan- Kesenian Toraja mengangkat tema “Mabugi” menjadi suguhan utama Toraja Internasional Festival (TIF) ketiga yang digelar 13-16 Agustus ini. Mabugi adalah sebuah rangkaian tarian dan nyanyian kolosal di kemas dalam bentuk teaterikal yang sangat unik.

Mabugi hanya terdapat di wilayah Rantepao. Tarian-nyanyian ini nantinya akan tampil sebagai bagian yang penting dalam acara nanti .

Menurut dia Mabugi akan ditampilkan pada pembukaan kolosal TIF yang mengusung tema “Toraja Symphony” di Rantepao Kabupaten Toraja Utara, . Selain Mabugi, TIF juga akan menampilkan Karombi, Manganda, Menimbong, Pageludan Pompang, serta grup musik non-tradisional Toraja seperti Toraja Choir dan Tibaen Ballo.

TIF juga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, dengan pembelajaan hingga jutaan rupiah. TIF telah menjadi sebuah festival budaya yang ditunggu-tunggu masyarakat dalam maupun luar negeri.

Toraja memang sangat ideal menjadi wadah festival budaya di dunia. Budaya megalitik Toraja adalah sebuah warisan peradaban dunia yang sangat berharga. Sebab itulah TIF selalu berusaha menampilkan dan menggali segala jenis kesenian Toraja yang telah berusia ratusan tahun.

Pada 2014 TIF mengangkat tema Mabua, yakni sebuah bentuk ritual yang menempatkan posisi wanita dalam peringkat spiritual yang tertinggi, dan tahun ini mengangkat tema Mabugi.

Tari Ma’ Bugi’, merupakan bnetuk ungkapan rasa  syukur yang biasa dilakukan setelah acara pesta nikah, setelah panen, usai membangun rumah dan empunya rumah siap hendak menempati rumahnya, serta berbagai hal membahagiakan lainnya

Loading...
loading...
To Top