Health

Faktor Usia, Ini 6 Hobi yang Buat Otak Semakin Cerdas

Primadaily.com, Medan – Semakin berjalannya waktu dan bertambahnya usia dalam kehidupan membuat sebagian dari tubuh kita menjadi rentan secara alami tak terkecuali otak. Faktor usia mendominasi ingatan setiap orang dalam kehidupannya.

Namun, bukan tidak mungkin kita sendiri mampus menunda proses penuaan dan hilang ingatan. Bahkan dalam beberapa kasus, dapat mengembalikan kerusakan otak dengan melakuakn beberapa kegiatan yang bisa menjadi hobi.

Berikut ini beberapa kegiatan atau hobi yang bisa membuat otak anda kembali cerdas, dikutip dari health.liputan.com yang melansir laman Lifehack, Rabu (19/10/2016).

1. Baca

Peneliti otak memberitahu bahwa membaca benar-benar meningkatkan fungsi otak di beberapa bagian. Ini merangsang pertumbuhan jalur saraf baru seperti layaknya menyerap informasi baru.

Membaca melenturkan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan pemecahan masalah, melihat pola, dan menafsirkan kata-kata orang lain. Hal ini juga meningkatkan memori, dan latihan bagian otak yang memungkinkan imajinasi.

Beberapa penelitian juga menunjukkan membaca cepat sebagai metode untuk meningkatkan sinapsis (sambungan elektrik antar bagian otak) karena otak harus memproses informasi sensorik cepat.

2. Belajar alat musik

Selama bertahun-tahun, ilmuwan neuro telah melakukan penelitian tentang manfaat dari instruksi musik untuk anak-anak terhadap peningkatan fungsi kognitif, seperti memori, pemecahan masalah, pemrosesan sekuensial, dan pengenalan pola.

Memainkan alat musik atau suara yang juga sebuah instrumen, meningkatkan volume materi abu-abu, dan membuat koneksi saraf antara kedua belahan otak.

Pages: 1 2 3

Loading...
loading...
Comments
To Top