Peristiwa

Dua Mantan Anggota DPRDSU Ngaku tak Tahu Ada Suap Interpelasi

 

Ngetikngetik.com – Maraknya pemberitaan masalah kasus suap dana bansos yang terjadi di provinsi Sumatera Utara, ternyata dua mantan anggota DPRD Sumut, M Nuh (PKS) dan Ahmad Aswan Waruwu (PAN), mengaku tidak tahu-menahu soal uang suap interpelasi dan gratifikasi pengesahan APBD 2013-2015 yang ditanyakan penyidik KPK.

Hal itu diungkapkan keduanya saat ditanya wartawan usai menjalani pemeriksaan di Mako Brimob Polda sumut, Jumat (18/9/2015). Menurut Ahmad Aswan, dia hanya duduk sebagai anggota dewan selama enam bulan, karena cuma pergantian antar waktu (PAW).

Ia menggantikan Maratua Siregar yang meninggal dunia. “Jadi saya tidak tahu-menahu tentang apa-apa yang ditanyakan penyidik tentang interpelasi dan gratifikasi,” katanya.

Aswan juga mengaku ditanya apakah mengenal nama-nama pejabat Pemprov Sumut yang disebutkan penyidik KPK, dan apakah pernah menerima uang dari mereka. “Saya jawab kenal. Tapi saya tak pernah menerima uang atau dijanjikan uang terkait interpelasi.

Dan saya bilang, waktu itu saya mendukung interpelasi,”ujarnya serius. Sementara M Nuh mengaku ditanyai hal-hal yang normatif tentang proses pengesahan APBD.

Ia juga menyebut, turut ditanya soal uang seperti yang diungkapkan koleganya, Syamsul Hilal saat diperiksa KPK. “Standar saja. Juga seperti yang ditanyakan kepada Pak Syamsul Hilal yang saya baca di media.

Tapi saya bilang saya nggak banyak tahu. Saya justru kaget membaca steatmen Pak Syamsul. Saya nggak tahu apa-apa tentang itu. Karena saya selama lima tahun nggak pernah di badan anggaran, saya lebih fokus di kegiatan kelengkapan dewan yang lain,” katanya.

Saat ditanya apakah di dalam Aula Benteng Huraba Mako Brimob masih ada anggota dewan atau mantan anggota dewan yang masih diperiksa KPK, M Nuh mengatakan tak tahu. “Hari ini kan sudah habis. Harusnya saya diperiksa Rabu, tapi minta dimundurkan hari ini.

Setelah tak jadi anggota dewan lagi, saya tidak begitu kenal, apakah yang di dalam anggota dewan atau bukan,” sebutnya mengakhiri. (ksm)

Loading...
loading...
To Top