Dunia

Dianggap Sebagai “Biang” Terjadinya Gempa, Malaysia Tahan 4 Turis Yang Foto Tanpa Busana

Ngetikngetik.com – Otoritas Malaysia telah menahan empat turis asing yang telah berpose bugil di puncak Gunung Kinabalu, Sabah sebelum gempa terjadi. Warga lokal menganggap aksi para turis itu, telah membuat marah para arwah leluhur di gunung tersebut hingga menimbulkan gempa bumi.

Keempat turis tersebut terdiri dari dua warga Kanada, seorang warga Inggris dan seorang warga Belanda. Keempatnya termasuk di antara 10 turis asing yang berpose bugil di puncak Gunung Kinabalu pada 30 Mei lalu. Foto-foto mereka kemudian ramai beredar di Internet dan menimbulkan kemarahan warga setempat.

“Kami menahan empat orang dari mereka pada Selasa… dan ya, kami masih mencari enam turis lainnya, dan kami akan menangkap mereka,” tutur Jalaluddin Abdul Rahman, kepala kepolisian Sabah seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (10/6/2015).

Dikatakan Jalaluddin, mereka yang ditahan tersebut akan dikenai dakwaan menimbulkan gangguan publik.

Gunung Kinabalu yang populer bagi para pendaki, dianggap suci oleh suku Kadazan Dusun di Sabah. Mereka percaya bahwa gunung tersebut sebagai tempat peristirahatan arwah-arwah leluhur.

Usai gempa 6 Skala Richter pada Jumat (5/6) lalu, publik Malaysia ramai-ramai mencela foto bugil di Gunung Kinabalu itu. Menurut mereka, perbuatan para turis tersebut telah membuat arwah leluhur marah, hingga menimbulkan gempa bumi.

Pejabat pemerintah Sabah, Joseph Pairin Kitingan bahkan menyebut aksi bugil para turis tersebut telah menyebabkan gempa. “Ini pasti akan membawa ketidakberuntungan. Kita tidak bisa bermain-main dengan arwah suci penunggu gunung,” kata Kitingan.

Ditambahkannya, ritual khusus akan dilakukan untuk menenangkan para arwah di gunung tersebut.

Loading...
loading...
To Top