Dunia

Di Kota Ini, Menggoda Wanita Dengan Bersiul Adalah Tindakan Kejahatan

Ngetikngetik.com – Polisi kota Nottingham di Inggris, bersiap untuk menangkap pria yang gemar bersiul, khususnya siulan menggoda perempuan.

Dilansir dari BBC, Kamis (1/9/2016), Kepala kepolisian Nottingham, Sue Fish, menyatakan kepolisian mulai merekam kejahatan berdasarkan anggapan yang merendahkan perempuan, termasuk diantaranya bersiul.

“Ini merupakan kejahatan atau peristiwa ketika korbannya merasa hal itu terjadi disebabkan karena mereka perempuan,” kata Sue dikutip dari laman BBC.

Sue Fish menyatakan, bersiul dengan maksud menggoda atau melecehkan wanita merupakan misogini atau anggapan yang merendahkan perempuan.

Misogini akan menjadi dasar bagi penegak hukum, khususnya di Inggris, untuk menjatuhkan hukuman kepada
pelakunya. Dasar hukuman ini mengikuti aturan kejahatan berdasar kebencian.

Keputusan polisi Inggris yang menganggap siulan terhadap perempuan merupakan ungkapan kebencian mendapat tanggapan lembaga advokasi perempuan kota setempat.

Menanggapi kebijakan ini, Melanie Jeffs selaku manajer lembaga advokasi perempuan Women’s Centre di Nottingham, mengaku gembira.

“Dengan memahami hal ini sebagai kejahatan berdasarkan kebencian, akan membantu orang melihat seriusnya masalah ini dan semoga mendorong perempuan untuk melaporkan peristiwa yang terjadi pada mereka,” kata Jeffs.

Kepolisian Nottingham dalam tiga bulan terakhir mencatat 22 kasus kejahatan berdasar kebencian. Dari 22 kasus itu, sebanyak dua orang ditahan. Tak hanya bersuit, beberapa tindakan pelecehan seperti godaan verbal dan fisik secara seksual terhadap perempuan di kota itu kini juga masuk tindak kriminal.

“Contoh tindakan kriminal ini termasuk pendekatan seksual yang tidak diinginkan, serangan fisik dan verbal, kontak fisik dan verbal yang tidak diinginkan atau pesan atau bahkan mengambil foto tanpa izin,” seperti dikutip dari pernyataan kepolisian Nottinghamshire.

Nottinghamshire adalah kota pertama yang menerapkan peraturan untuk pelaku pelecehan seksual.

Loading...
loading...
Comments
To Top