Dunia

Dengan Lensa Kontak Ini Bisa Mengecek Glukosa Dalam Darah

Ngetikngetik.com, –  Perkembangan teknologi semakin merajai dunia dengan berbagai hal yang dibuat dengan teknologi canggih di muka bumi, bukan hanya dari alat-alat elektronik.

Dalam bidang kesehatan pun kecanggihan teknologi juga sangat dibutuhkan pada jaman sekarang ini. Seperti ilmuwan di Amerika Serikat berhasil membuat temuan terbaru berbentuk lensa kontak yang bisa mengukur kadar glukosa darah.

Wei Chuah Shih, bersama tim peneli dari University of Houston tengah melakukan pengujian sebuah perangkat baru berbentuk lensa kontak yang berfungsi untuk mengukur kadar glukosa dalam darah melalui air mata.

Menurut peneliti tes lensa kontak ini menjadi pendekatan alternatif baru yang berbeda. Awal mula metode baru ini dikembangkan oleh mahasiswa asal Massachusetts Institute of Technology.

Peneliti membuat perangkat kecil yang berasal dari beberapa lapisan emas yang dioptimalkan dengan penggunaan Spektroskopi Raman salah satu jenis alat sains.

Kegunaannya untuk mendeteksi sampel molekul kecil pada mata, perangkat ini akan bekerja untuk meningkatkan sifat penginderaan yang mengintensifkan sinyal dari Raman, kata para peneliti.

Dengan teknologi ini, para ilmuwan yakin bahwa perangkat tersebut dapat menguji kadar glukosa dari sampel air mata.
Sayangnya, sejauh ini lensa kontak baru memasuki proses pengujian dan harus dilakukan penilaian lebih lanjut oleh para dokter untuk penggunaan secara langsung ke depannya, dkutip dari laman India Times, Jumat (7/10/2016).

Loading...
loading...
Comments
To Top