Health

Cara Mudah Cegah “Ketindihan” Makhluk Gaib

Cara Mudah Cegah “Ketindihan” Makhluk Gaib

Ngetikngetik.com, Medan –  Salah satu pengalaman paling mengerikan saat tidur yakni ketika mengalami fenomena kesulitan bergerak atau yang akrab disebut rep-repan atau ketindihan makhluk gaib. Dalam keadaan itu Anda akan masuk dalam kondisi sulit bergerak, tidak bisa berteriak, bicara, hingga meminta bantuan. Anda hanya bisa merasakan tekanan dari seseorang yang duduk di dada.

Secara ilmiah, gangguan tidur itu terjadi akibat gangguan yang terjadi pada bagian otak yang membawa “peta diri”. Gangguan tersebut biasanya datang saat masa rapid eye movement (REM) atau yang biasa dikenal dengan masa bermimpi.

Dalam kondisi itu, tidak ada makhluk gaib yang terlibat. Munculnya sosok gaib yang terlintas hanyalah bentuk halusinasi yang disebabkan oleh gangguan otak sesaat ketika masa REM berlangsung. Lalu bagaimana mana mengatasinya? Seperti yang dilansir healthmeup.com, berikut hal yang harus Anda lakukan saat mengalami fenomena tindihan.

1. Jangan menolak

Dalam kasus gangguan tidur seperti ini, kita selalu mengalami sebuah pertempuran untuk berusaha bangun atau bergerak. Padahal, upaya itu justru memberi pengalaman buruk. Hal yang harus Anda lakukan, cobalah untuk rileks. Ketika merasakan tekanan, ikuti arus ke mana Anda akan dibawa dan jangan melawannya.

2. Menggoyangkan jari kaki

Menggeliatkan jari tangan dan jari kaki dapat membantu memecahkan kelumpuhan tidur yang Anda alami. Di banyak kasus, upaya tersebut terbukti membantu mengatasi fenomena gangguan tidur itu.

3. Atur pernapasan

Hal ini jadi poin penting saat mengalami tindihan ketika tidur. Mengontrol pernapasan bisa mempengaruhi rasa takut yang Anda alami. Usahakan untuk mendapat pernapasan secara normal dan buang napas sebebas mungkin agar paru-paru Anda bekerja dengan baik.

4. Meminta bantuan

Jika Anda tidur bersama rekan atau anggota keluarga, pastikan bahwa rekan tersebut menyadari kondisi gangguan tidur yang sedang Anda alami. Anda bisa berteriak seminim mungkin meskipun tidak semua orang bisa melakukannya. Atau berikan tanda-tanda untuk mencuri perhatian rekan satu kamar agar bisa membangunkan Anda dari kelumpuhan tidur.

5. Batuk

Batuk juga jadi cara paling mudah untuk melepaskan diri dari gangguan tidur yang secara medis dikenal dengan sebutan sleep paralysis. Dalam kondisi itu, Anda dapat mencoba untuk batuk agar terbangun dari tidur.

6. Mengernyitkan wajah

Lakukanlah gerak-gerakan wajah saat Adna berada dalam situasi buruk itu. Buatlah gerakan wajah seperti Anda mencium bau busuk. Lakukanlah hal itu sebanyak tiga kali untuk bangun.

Loading...
loading...
To Top