Health

Cara Alternatif Memerahkan Bibir Tanpa Bahan Kosmetik

Ngetikngetik.com, Medan – Setiap wanita pastinya mendambakan memiliki bibir merah merona yang alami. Bibir merah merona yang alami menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita untuk tampil lebih cantik di hadapan orang banyak terutama lawan jenis.

Bibir lebih tipis dari kulit lainnya sehingga memungkinkan pembuluh darah yang ada di bagian ini terlihat. Kehadiran pembuluh darah yang mudah terlihat inilah yang membuat bibir memiliki warna merah nan indah.

Jika bibir tidak dirawat dengan baik, bibir dapat menjadi kering, kasar, hingga pecah-pecah. Hal tersebut dapat membuat bibir terlihat kusam.

Langkah untuk memerahkan bibir secara alami bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

Menggosok bibir

Sering terjadinya permukaan kulit bibir yang terkelupas membuat bibir terlihat kusam, membuang kulit bibir yang terkelupas bisa dilakukan untuk mendapatkan bibir merah alami. Oleskan setetes gula atau madu pada bibir, kemudian gosok perlahan. Setelah selesai menggosok, sekalah hingga kering. Setelah itu, oleskanlah lip balm pada bibir.

Membuang sel-sel mati berupa kulit yang terkelupas akan membuat sel-sel epidermis membantu merangsang pertumbuhan kolagen baru. Tumbuhnya kolagen baru bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan.

Jangan merokok

Bagi wanita yang menginginkan bibir merah merona alami sebaiknya menghindari rokok. Nikotine yang terdapat pada rokok dapat menghitamkan permukaan kulit bibir, sehingga merah alami bibir tidak terlihat karena lengketnya nikotine rokok pada bibir.

Perbedaannya kulit perokok akan lebih cepat keriput daripada mereka yang tidak merokok. Dengan merokok, kolagen akan lebih mudah hilang dan sel kulit lebih mudah rusak. Perubahan warna pada bibir juga bisa terjadi pada para perokok atau pemakai produk tembakau lainnya.

Rajin minum air

Air merupakan kunci utama agar bibir tetap terlihat sehat alami, dengan mencukupi kebutuhan tubuh akan air dapat menjaga dehidrasi pada tubuh terutama pada permukaan kulit bibir. Tubuh butuh 2 hingga 3 liter air per hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Kurangi juga minuman lain seperti kopi atau alkohol. Jikapun Anda mengonsumsinya, pastikan konsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi alhokol yang tidak diikuti dengan cukup air putih bisa membuat bibir kering saat Anda bangun tidur. Hindari juga makanan dengan garam berlebih karena bisa membuat bibir menjadi kering.

Lindungi dari paparan sinar matahari

Perubahan warna pada bibir juga bisa disebabkan karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Munculnya bintik-bintik di bibir adalah salah satu efek yang bisa ditimbulkan akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Untuk menghindarinya, gunakanlah pelindung bibir atau lip balm. Agar perlindungan yang didapat maksimal, gunakanlah lip balm yang berfungsi sebagai tabir surya dengan minimal kandungan SPF 15.

Jangan sampai bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah selain menyakitkan juga membuat bibir terlihat kusam. Kondisi ini juga sering memicu bibir kering dan bersisik. Melakukan hal-hal di atas harus dilakukan untuk mencegah maupun mengobati kondisi ini. Jika diperlukan, gunakanlah bahan-bahan lain seperti minyak kelapa dan minyak almond agar bibir lembap sepanjang hari.

Merahkan dengan pemerah alami berikut

Buah-buahan berwarna merah bisa dijadikan pilihan agar bibir merah alami, antara lain ceri, stroberi, raspberi, Cranberries, biji delima, dan umbi merah (beetroot).

Kupas buah yang menghasilkan warna merah kemudian oleskan di bibir berkali-kali sehingga bibir terlihat memerah. Setelah warna yang diinginkan didapat, tutup olesan tersebut dengan lip balm.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan terlebih dahulu menjus buah. Kemudian celupkan cotton bud ke dalam jus dan oleskan di bibir hingga mendapatkan warna yang disukai. Terakhir, tutup lapisan tersebut dengan lip balm agar warnanya awet.

Memerahkan bibir secara alami dengan cara di atas bisa menjadi alternatif  untuk tidak tergantung dengan pemerah bibir dari bahan-bahan kosmetik yang terbuat dari bahan kimia, itu dapat menimbulkan alergi pada bibir dan dapat merusak bibir.

Loading...
loading...
Comments
To Top