Health

Bayi Usia Dibawah 6 Bulan Dilarang Konsumsi Air Putih, Berbahaya!

Ngetikngetik.com – Mengkonsumsi air putih sejatinya baik bagi kesehatan manusia. Komposisi hidrogen dan oksigen yang membantu memuaskan dahaga manusia adalah unsur penting bagi tubuh karena bisa membuang racun. Tapi air putih ternyata memiliki efek buruk pada bayi berusia nol sampai enam bulan.

Penelitian bahkan menyatakan bahwa anak bayi tidak disarankan meminum air putih. Seorang dokter spesialis anak dari Mumbai, India yakni dr.Shilpa Aroskar juga mengamini hal tersebut.

“Tidak dianjurkan memberikan air putih untuk bayi sampai usia enam bulan. Rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar bayi hanya diberi ASI eksklusif. Lagipula, 80 persen dari ASI adalah air,” ungkap dr.Shilpa Aroskar.

Menurut dokter tersebut, bayi bisa mulai air minum setelah usia enam bulan. Pasca enam bulan, bayi dapat diberikan beberapa teguk air. Disarankan bahwa hanya setelah tahun kelahiran, asupan H2O yang tepat harus dimulai.

Selain itu, air dapat menghilangkan nafsu makan bayi dan dapat mengganggu tubuh bayi dengan merusak penyerapan nutrisi dari ASI atau susu formula yang menyebabkan kekurangan gizi. Bahkan ketika anak harus diberi makan susu formula, jumlah air yang digunakan harus sesuai takaran.

Loading...
loading...
Comments
To Top