Health

Awas! Kesemutan Saat Ngetik Tangan Kamu Bisa Lumpuh!

Ngetikngetik.com – Apakah kamu termasuk pekerja kantoran yang aktivitasnya banyak menggunakan tangan? Pegal itu pasti, tapi kalau kamu pernah mengalami kesemutan atau mati rasa khususnya pada ibu jari, tengah, telunjuk, dan separuh sisi luar jari manis, bisa jadi itu tanda dari penyakit carpal tunnel syndrome (CTS). Waduh!

Penyakit CTS ini memang kurang terkenal, tapi sesungguhnya cukup banyak kasus yang sering terjadi pada pekerja kantoran yang menggunakan komputer sebagai alat kerja.

Atau pekerjaan yang membutuhkan gerakan tangan yang kuat, berulang-ulang atau tangan bekerja dalam waktu yang lama dengan posisi yang sama seperti saat kamu sedang mengetik atau memegang mouse dalam waktu yang lama.

CTS atau biasa disebut sindrom terowongan karpal adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Saraf medianus merupakan salah satu saraf di tangan yang berjalan melewati suatu terowongan (tunnel) yang terletak di daerah pergelangan tangan (carpal). Apabila terkena saraf sensorik, maka hal tersebut akan mengganggu pergerakan dari ketiga jari (ibu jari, telunjuk, tengah dan manis).

“Penyakit ini paling sering diderita oleh sekretaris, dokter gigi, dan montir yang dalam pekerjaannya sering menggunakan pergelangan tangan.

Tapi paling banyak sekretaris,” kata Eka Musridharta, dokter dari Departemen Neurologi FKUI- Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) seperti dilansir Ngetikngetik.com dari laman Kompas Health, Senin (13/4).

Meski pada banyak kasus, nggak ada satu penyebab tunggal yang bisa diidentifikasi. Kondisi ini bisa terjadi akibat kombinasi berbagai faktor risiko yang berperan dalam perkembangan gangguan yang terjadi seperti faktor anatomi, kerusakan saraf sampai gangguan pada keseimbangan cairan tubuh. Jadi tidak hanya karena faktor pekerjaan yang berhubungan dengan alat-alat bergetar.

kesemutan-gara-gara-ngetik

Pengobatan dengan obat-obat anti radang yang diminum cukup efektif untuk mengatasi CTS yang ringan. Namun bila kesemutan tak hilang setelah bagian tubuh digerakkan, atau semula hanya dialami sebagian kecil organ tubuh namun kemudian merambat ke bagian yang lebih luas, atau bila semula hanya terjadi sekali-sekali dan menjadi kian sering, atau bila kesemutan menjadi rasa kebal, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter ya. Kesemutan jenis ini merupakan gejala penyakit serius dan bisa sampai lumpuh dan harus dioperasi.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
To Top