Dunia

9 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Di Dunia

Ngetikngetik.com, – Letusan gunung berapi sanggup meluluhlantakkan bangunan dan lahan pertanian juga mampu merenggut banyak nyawa, baik manusia maupun satwa.

Belum lagi udara atau air yang tercemar akibat muncratan abu dan gas beracun. Sejarah mencatat sejumlah peristiwa gunung meletus yang amat dahsyat.

Inilah 9 letusan gunung berapi terdahsyat sepanjang sejarah.

1. Gunung Vesuvius

Gunung Vesuvius terletak di Italia Selatan, tepatnya di Teluk Maples. Sepanjang yang diketahui, gunung ini telah meletus setidaknya 30 kali. Letusan terdahsyat terjadi tahun 78 Masehi.

Seorang penulis bernama Plinius Muda mencatat betapa mengerikan bencana yang melanda ketika itu. Hari itu, awan gelap yang besar muncul dari mulut gunung, lalu menuruni lereng dan menutupi semua yang ada di sana, termasuk laut.

Awan dan debu menutup matahari, siang pun berubah gelap gulita. Letusan gunung ketika itu disertai tsunami dan gempa bumi. Akibat peristiwa tersebut, Kota Pompeii dan Stabiae terkubur.

Selama 1.600 tahun, Pompeii lenyap sebelum ditemukan kembali. Para arkeolog memperkirakan bahwa tidak kurang dari 1.000 orang terenggut nyawanya dalam bencana itu.

2. Gunung Krakatau

Pages: 1 2 3 4

Loading...
loading...
Comments
To Top