Indonesia

7 Kasus Bentrokan TNI vs Polri Yang ‘Mengerikan’

Ngetikngetik.com – TNI dan Kepolisian memiliki beberapa kemiripan. Keduanya merupakan instansi yang anggotanya sama-sama terlatih menangani berbagai tindak kekerasan. Plus, punya kemampuan dan perizinan menggunakan senjata mematikan. Dua keistimewaan itu tidak dimiliki masyarakat sipil.

Tak heran jika tugas dan peran keduanya juga mirip, yakni, mengamankan negara dan memberikan perlindungan pada masyarakat. Bedanya, kepolisian memiliki akses yang lebih luas untuk berhubungan langsung dengan masyakarat.

Ironisnya, dalam beberapa kasus, dua instansi itu malah bentrok sendiri. Meski akhirnya damai, toh kasus serupa masih terulang. Terpanas, Okezone merilis baku tembak antara Polisi dengan TNI di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Lubuklinggau Utara (13/11). Pangdam II/Sriwijaya Mayjen Purwadi Mukson menegaskan, “Yang bentrok Polri kontra anggota Pangdam III Siliwangi, bukan dari Kodam II Sriwijaya. Mereka masuk sini tanpa koordinasi. Sehingga terjadi kesalahpahaman.”

Dalam 20 tahun terakhir, terjadi banyak keributan besar yang melibatkan anggota TNI versus Polisi. Berikut 7 bentrokan yang melibatkan anggota TNI versus Polisi. (HM)

1. Bentrok di Pengungsi Sampit (2001)
Wilayah Sampit, Kalimantan Tengah sempat mencekam karena kasus SARA. Kurang lebih 300 orang tewas dan ribuan lainnya mengungsi. Ironis, di saat kasus tersebut mencuat, diwarnai cerita miris yang melibatkan anggota TNI dan Kepolisian. Peristiwa tragis itu terjadi pada 27 Februari 2001. Ketika itu, pasukan TNI mengawal 10 ribu pengungsi ke pelabuhan Sampit. Mereka akan diungsikan ke beberapa pulau di Indonesia. Kebetulan, sudah tersedia kapal besar di pelabuhan tersebut.

Seperti dimuat Liputan6, siang hari datang puluhan ribu pengungsi yang dikawal Brimob. Karena situasi serba-panik, anggota Brimob minta agar pengungsi yang mereka bawa segera dinaikkan ke dalam kapal. Anggota TNI menolak. Suasana ricuh hingga akhirnya terjadi bentrokan. Anggota TNI dan Brimob sempat adu tembak. Korban berjatuhan dari kedua belah pihak, termasuk para pengungsi yang tak berdosa. Dua tewas, belasan lainnya luka-luka.

2. TNI-POLRI Ribut, Pelajar Tewas di Madiun (2001)
Ini merupakan peristiwa yang paling fenomenal ketika anggota TNI berselisih dengan kepolisian. Peristiwa miris itu terjadi di Madiun pada akhir 16 September 2001. Menurut Liputan6, bentrokan antara anggota Polresta Madiun kontra Batalion 501 diawali hal sepele, yaitu berselisih di antrian SPBU.

Pages: 1 2 3 4

Loading...
loading...
Comments
To Top