Tekno

5 Tips Menghemat Pemakaian Data di Smartphone Android

Ngetikngetik.com – Bagi pengguna smartphone, berlangganan akses paket data merupakan hal yang wajib untuk memaksimalkan fitur yang ada di smartphone. Namun, seiring semakin membaiknya akses paket data di jaringan 3G atau 4G di Indonesia, celakanya ada beberapa pengguna yang secara tidak sadar kecolongan dengan penggunaan akses paket data yang lebih cepat habis dari biasanya.

Nah, khusus untuk pengguna smartphone Android yang ingin menghemat penggunaan kuota paket data, Anda bisa mencoba lima (5) tips mudah berikut ini.

1. Manfaatkan Chrome Data Saver di peramban Chrome

Menjelajah internet adalah salah satu aktivitas pengguna smartphone yang cukup sering dilakukan. Agar tidak menyedot paket kuota data Anda, peramban Google Chrome punya satu fitur canggih yang bernama Chrome Data Saver.

Fitur ini akan mengurangi konsumsi data dengan mengkompresi seluruh lalu lintas data yang masuk ke smartphone sehingga bisa menghemat penggunaan data. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke pengaturan Chrome lalu pilih opsi data saver dan atur ke posisi on.

2. Matikan opsi sinkronisasi yang tidak dibutuhkan

Menonaktifkan sinkronisasi akun adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukan penghematan data. Sinkronisasi yang aktif pada dasarnya akan membiarkan aplikasi berjalan otomatis untuk melakukan sinkronisasi data sehingga menyedot penggunaan data Anda secara tidak disadari.

Mulailah dengan mengatur akun Google Anda. Masuk ke pengaturan lalu pilih opsi Akun. Tidak memerlukan sinkronisasi Calendar , Dokumen atau Google Drive? Matikan opsinya dan Anda bisa melakukan penghemata data. Setelah mengatur akun Google Anda, baru kemudian atur sinkronisasi aplikasi akun lain jika memang ada.

3. Atur limit data, batasi akses data di background dan identifikasi aplikasi yang menyedot data

Tahukah Anda, Google telah merancang OS Android dengan fitur agar pengguna bisa memantau konsumsi datanya? Untuk mengakses fitur ini, Anda bisa masuk ke menu pengaturan. Kemudian pilih opsi Penggunaan Data. Atktifkan opsi Setel batas data Seluler atau Set Cellular data limit. Perhatikanlah info grafik yang ada di bawahnya. Gunakan garis horizontal untuk mengatur akses paket data.

Jika Anda membeli paket data bulanan sebesar 2GB. Atur garis tersebut ke 2GB. Dengan demikian, Anda akan bisa melihat akses penggunaan data sehari-hari dan nantinya Anda bisa segera mendapat pemberitahuan jika akses paket data sudah mendekati batas yang ditentukan.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top