Dunia

4 Negara di Asia Tenggara Dengan Kekuatan Angkatan Udara Terlemah

Ngetikngetik.com – Di samping kekuatan darat dan laut, angkatan udara juga memiliki peran penting dalam hasil akhir dari sebuah pertempuran. Lewat udara, militer sebuah negara bisa menjangkau area yang sulit ditembus pasukan darat, entah akibat medan yang sulit dilalui atau kuatnya perlawanan dari musuh.

Sejak Perang Dunia Pertama, keberadaan angkatan udara banyak menyumbangkan hasil gemilang dalam menggebuk perlawanan musuh. Rentetan tembakan dari udara membuat lawan ketar ketir, pasukan darat pun bisa meraih kemenangan dengan mudah tanpa harus mengorbankan banyak nyawa.

Amerika Serikat, Singapura bahkan Indonesia terus berupaya memperbaharui armada udaranya masing-masing, dengan membeli teknologi terbaru. TNI AU sendiri sudah mengincar Sukhoi Su-35 dari Rusia, Malaysia sedang melirik Eurofighter untuk memperkuat pertahanan udaranya.

Di upaya pembelian besar-besaran, rupanya masih ada beberapa Angkatan Udara di Asia Tenggara yang tak memiliki pesawat tempur. Mirisnya, pesawat-pesawat yang dimiliki usianya sudah cukup tua, dan kebanyakan dipakai untuk transportasi.

Berikut beberapa negara di Asia Tenggara dengan kekuatan udara terlemah yang dirangkum.

1.Laos

Angkatan Udara Laos baru terbentuk tahun 1976. Perang Vietnam membuat negara ini pernah memiliki armada besar, berkat bantuan yang diberikan Amerika Serikat, demi mencegah menyeberangnya tentara Viet Cong masuk dari negaranya.

Sayangnya, minimnya suku cadang dan perawatan membuat banyak pesawat tempur seperti T-6, T-28, dan AC-47 terpaksa dipensiunkan. Negara ini masih mengoperasikan satu unit pesawat uzur, yakni Antonov An-26 sebagai sarana transportasi.

Sama halnya dengan tetangganya Kamboja, Laos tak memiliki satu pun pesawat tempur. Kebanyakan pesawat yang dimiliki dipakai untuk transportasi dan kepentingan VIP, serta sejumlah helikopter.

Pesawat terbaru yang dimiliki adalah dua unit Xian MA60 buatan China. Ada 16 unit helikopter yang dimiliki Laos, yakni 4 unit Bell UH-1, 4 unit Harbin Z-9, 3 unit Mil Mi-17, 1 unit Mil Mi-26 dan 2 unit Kamov Ka-27.

Tidak diketahui berapa jumlah personel yang dimiliki AU Laos. Berdasarkan globalfirepower.com, kekuatan militernya berada di urutan ke-121 dari 126 negara.

Pages: 1 2

Loading...
loading...
Comments
To Top