Ekonomi

4 Cara Menabung untuk Pernikahan dengan Gaji dibawah 4 Juta!

Ilustrasi Menabung @Thegaptek.com

Menikah dengan suasana menyenangkan dan dikelilingi orang-orang terkasih adalah impian semua orang. Namun terkadang pernikahan sering tak sesuai dengan harapan, atau bahkan gagal dilangsungkan karena masalah biaya. Hal ini bisa saja terjadi bagi siapapun, terlebih jika kamu tidak memiliki persiapan yang cukup matang untuk menabung.

Melihat berbagai masalah tersebut, Halomoney.co.id merangkum 4 cara menabung untuk kamu yang berpenghasilan sesuai UMR, atau dibawah 4 juta. Check this out!

1. Menabung dalam jumlah yang tepat

Menabung mungkin sudah kamu lakukan, namun tetap saja biaya pernikahan belum terpenuhi? Mungkin kamu belum menabung dalam jumlah yang tepat.

Sisihkan gaji kamu dan pasanganmu dalam jumlah yang tepat! Sebagai contoh, kamu dan pasangan bisa sisihkan 30% dari gaji untuk persiapan pernikahanmu! Kalau kamu bergaji 3 juta Rupiah, simak ilustrasi berikut:

Setengah gaji kamu: 30% x 3,5 juta = Rp 1.050.000,-

Setengah gaji pasanganmu: 30% x 3,5 juta = Rp 1.050.000,-

Tabungan perbulan: Rp 2.100.000,-

Tabungan selama 1 tahun: 12 x 2,1 juta = Rp 25.200.000,-

Tabungan selama 2 tahun: 24 x 1.8 juta = Rp 50.400.000,-

2. Atur segalanya sendiri!

Meskipun saat ini sudah begitu banyak wedding organizer yang siap menjadikan pernikahan impian mu menjadi jadi nyata. Coba untuk melakukan segalanya sendiri! Arti sendiri bukan berarti kamu seorang diri, namun tanpa perlu jasa wedding organizer.

3. Kerja sama dengan teman

Jangan ragu untuk meminta tolong teman atau kerabat yang memiliki bakat-bakat seni, seperti menyanyi, fotografi, atau menari. Ajak mereka untuk bekerja sama mempersiapkan pernikahan impian kamu. Selain menghemat biaya, acara pernikahan kamu juga akan semakin akrab dan kekeluargaan karena semua pengisi acaranya adalah sahabat-sahabat terbaik kamu.

4. Sederhana namun penuh arti

Siapa bilang pernikahan harus mewah dan diselenggarakan di hotel bintang 5? Pernikahan sederhana pun jika dirangkai sedemikian rupa akan jadi pernikahan yang tak terlupakan. Fokus pada arti dari pernikahan itu bukan pada penyelenggaraan pesta besarnya. Kamu bisa adakan pesta pernikahan kamu di taman belakang rumah dan tampilkan suasana nyaman dan akrab di pesta pernikahan kamu.

Tidak selamanya sesuatu yang istimewa itu berarti sesuatu yang mewah dan mahal. Kamu bisa jadikan acara pernikahanmu istimewa dengan cara yang sederhana. Cermatlah dalam menentukan rencana dan pengeluaran yang tepat untuk hari pernikahanmu yang spesial.

Loading...
loading...
Comments
To Top