Press Release

2 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Dalam Membangun Sebuah Rumah Yang Kokoh!

ilustrasi rumah

Ngetikngetik.com – Pondasi adalah bagian utama dari sebuah bangunan, tanpa adanya pondasi yang kokoh bangunan tak akan kuat serta tidak aman untuk ditempati.

Setiap konstruksi bangunan memiliki jenis atau tipe pondasi berbeda,misalnya pondasi rumah 2 lantai akan berbeda jenis pondasinya dengan bangunan 3 lantai.

Dalam menentukan atau memilih pondasi bangunan baiknya hal-hal berikut ini yang harus anda perhatikan :

  1. Jumlah tingkat bangunan yang akan dibangun, bila rencana membangun rumah sederhana atau bangunan 1 lantai baik digunakan pondasi dangkal seperti pondasi telapak / cakar ayam dan pondasi batu kali. bila rencana membangun rumah 2 lantai / 3 lantai dapat digunakan pondasi batu kali, pondasi jalur dan pondasi strauss pile tapi bila rencana membangun bangunan lebih dari 3 lantai baiknya menggunakan pondasi dalam yaitu bored pile dan pondasi tiang pancang
  2. Jenis tanah sekitar, ini perlu diketahui mengenai kondisi ketahanan tanah terhadap beban. Apabila kondisi tanah lunak yang artinya mempunyai daya dukung sangat rendah maka pondasi bangunan harus direncanakan secara khusus demi kestabilan pondasi tersebut. Contoh bila tanah keras terletak di kisaran 2-3 meter maka pondasi yang dapat digunakan adalah pondasi dangkal (pondasi jalur, pondasi telapak atau pondasi strauss pile), manum bila kedalaman tanah keras lebih dari 3 meter baiknya menggunakan pondasi dalam antara lain pondasi sumuran, pondasi bor pile mini, strauss pile dan pondasi tiang pancang.

Perlu anda ketahui, kenyamanan rumah tidak hanya tercipta dari kebersihan, keindahan arsitektur serta desain dari rumah itu sendiri tetapi juga dapat tercipta dari bagaimana rumah yang didirikan memberikan rasa keamanan bagi para penghuninya.

Keamanan disini seperti halnya membuat pondasi rumah kokoh sehingga tidak merasa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (bangunan retak bahkan hal terburuk bangunan roboh / ambruk) .

Oleh karena itu, ketika Anda ingin membangun rumah pastikan tidak hanya mementingkan desain apiknya tetapi juga pentingkan pula kekokohannya.

Loading...
loading...
To Top