Lifestyle

11 Kejadian Yang Tidak Terduga Akibat Kecanduan Bermain Game

Ngetikngetik.com, – Sudah tidak aneh didengar seorang gamer mampu untuk duduk bertapa selama seharian penuh, menghabiskan rokok berbungkus-bungkus serta lupa mandi dan lupa untuk makan.

Tragisnya, dalam kasus kecanduan game berat sudah beberapa kali ditemukan para maniak game ini meninggal akibat kurang tidur, kelaparan dan terkena serangan angin duduk. Itu hanya salah satu contoh dari dampak buruk bermain game terlalu berlebihan.

Mendengar 11 kejadian unik gara-gara kecanduan game ini semoga saja dapat membuat kamu tobat, khususnya para gamer agar dapat lebih menghargai waktu, sebab masih banyak hal penting di dunia nyata yang harus kamu selesaikan. Dari keluarga, teman-teman sampai ngurusin pacar kamu sendiri, itupun kalau sudah pacar hehehehe.

1. Gamer Cantik dengan Penghasilan Gaji Super Wow

Sahabat kejadiananeh.com, sebelum kita mendengar kabar burung yang buruk tentang “kecanduan game”. Ternyata hobi unik dan menyenangkan yang satu ini juga bisa menghasilkan uang banyak. Contoh pertama dialami oleh Han Yiying, seorang wanita cantik asal Cina yang berprofesi sebagai presenter game online atau e-sport (electronic sport).

Menurut kabar burung, entah burung siapa. Hanya bermodalkan pengetahuan yang baik seputar dunia game, Han Yiying yang mendapat julukan sebagai Queen of E Sport oleh para netizen di Cina mendapatkan penghasilan gaji sebesar 2,7 juta dollar atau setara dengan 34 milyar bila dirupiahkan.

Tugas dari presenter cantik yang selalu berpenampilan seksi ini pun sangat mudah, melakukan komunikasi dengan para gamer baik secara online maupun saat berlangsungnya event kompetisi di dunia nyata.

Tak kalah dengan gaji menggiurkan dari Han Yiying, di Indonesia sendiri seorang gamer cantik bernama Monica Carolina yang akrab dipanggil dengan nama Nixia ini, mendapatkan penghasilan sebesar 10 ribu dollar atau sekitar 137 juta.

Uang tersebut ia dapatkan dari situs miliknya yang beralamat di www.nixiagamer.com. Sebelumnya, remaja perempuan 25 tahun ini memang dikenal sebagai Ratu Game dari Indonesia. Banyak kompetisi game online international yang sudah ia menangkan seperti Guitar Hero di Turnamen World Cyber Games, Call of Duty 4, Battlefield 3, Counter Strike dan kawan-kawan.

2. Menelantarkan anak sampai mati demi bermain game

Banyak sekali kejadian-kejadian aneh yang tidak masuk akal pada seorang pecandu game online, hingga tidak patut untuk dicontoh, seperti salah satu kasus yang terjadi pada seorang ayah yang tega menelantarkan anaknya hanya untuk bermain game online.

Anaknya yang masih berumur 2 tahun ini sering ditinggal sendirian oleh sang ayah untuk bermain game sampai puas maksimal. Akhirnya, karena kelaparan sudah berhari-hari tidak makan sang anak pun meninggal tetapi bukannya menyesal si ayah malah membuang mayat si anak dan melanjutkan bermain game online.

Tapi selang dua hari setelah perbuatannya tersebut, sang ayah durhaka merasa menyesal. Ia pun akhirnya menyerahkan dirinya ke Polisi. Jangan ditiru ya sikap ayah ini!

3. Kasus Meninggal akibat bermain Game

Tidak sedikit para pecandu game berat yang meninggal karena keseringan bermain gameakibat lupa untuk makan, istirahat sampai lupa untuk be OL.

Kasus kematian pertama karena bermain game berlebihan terjadi pada seorang remaja asal Rusia bernama Rustam yang bermain DoTa 2 (Defense of The Ancients 2). Padahal saat itu ia habis kecelakaan, selama masa-masa pemulihan kakinya sehingga dia tidak bergerak sama sekali selain untuk makan, ke toilet dan tidur, namun pada suatu hari remaja ini ditemukan tewas di kamarnya.

Setelah diselidiki penyebab kematiannya adalah akibat terlalu lama duduk sehingga terjadi pengumpalan darah pada kaki (Deep Vein Thrombosis) karena tidak cukup mendapatkan banyak gerak pada waktu yang lama.

Kejadian aneh kecanduan game kedua adalah tewasnya seorang gadis cantik asal Cina karena bermain game online Warcraft selama berhari-hari tanpa istirahat yang menyebabkan gadis ini meninggal karena kurang gizi dan kelelahan. Uniknya, gadis pemilik nickname Snowly ini pun juga dimakamkan secara online oleh para klan/ komunitas Warcraft di Cina.

4. Menghabiskan banyak uang untuk bermain game

Tidak semua games dapat diakses dengan gratis, biasanya ada beberapa komponen yang harus dibeli seperti senjata, ramuan ajaib dan lainnya, khususnya permainan di Game Online. Salah satu contohnya jenis permainan Fist Person Shooter (FPS) seperti Point Blank, Call of Duty, Battlefield, Counter Strike, Lost Saga dan Black Squad.

Nah hal sepele seperti ini yang kadang suka membuat para pecandu game kesurupan untuk menghabiskan banyak uang agar karakter pemainnya jadi level dewa, agar armor dan senjata jadi lebih sakti.

Mirisnya tidak sedikit anak-anak yang menjadi korban kecanduan game sampai menghabiskan uang ratusan juta rupiah dari meminta resmi sama orang tua sampai nekat mencuri uang ibu dan bapake jika keinginan si anak tidak dipenuhi.

Contoh kasus yang pernah terjadi, bahwa seorang bocah berusia 12 tahun dilaporkan telah menghabiskan uang 7.000 poundsterling atau sebesar Rp 135 juta rupiah untuk membeli gems dalam permainan Clash of Clans (COC) dari handphone milik ibunya.

Hal yang sama juga pernah terjadi pada anak asal Ilfracombe yang menghabiskan kurang lebih 3.000 poundsterling setara dengan Rp 58 juta untuk sebuah games X Box dan menggunakan kartu kredit papanya secara diam-diam untuk membeli game ini.

5. Istri Minta Cerai gara-gara suami ketahuan selingkuh di Game Online

Di depan matanya sendiri, Laura Skye menangkap basah suaminya Dave Barmy, sedang asyik memeluk seorang wanita di sebuah apartemen. Tanpa berpikir panjang Laura Skye memutuskan untuk bercerai dengan suaminya, sepertinya ia tidak bisa menerima pengkhianatan sang suami.

Sahabat kejadiananeh.com rasanya wajar jika seorang wanita yang merasa sakit hati minta cerai, karena pasangannya telah selingkuh dengan wanita idaman lain. Tapi yang jadi masalah, wanita yang jadi kekasih gelap Dave Barmy hanyalah sebuah karakter animasi game, bukan wanita sungguhan.

Konflik rumah tangga ini bermula dari Game Online Second Live, dimana Dave dan Laura sering bermain game tersebut bersama-sama. Entah kenapa Laura mulai jenuh dan tidak menemani suaminya lagi bermain game tersebut, ia pun belakangan lebih sering memainkan Game World of Craft.

Merasa kesepian, sang suami bertemu dengan karakter game wanita lain hingga nekat melakukan perselingkuhan, tapi ini masih tetap di dunia Game Second Live. Terlihat konyol bukan? Gara-gara sebuah game rumah tangga mereka hancur berantakan, Kini Dave dan Laura sudah resmi bercerai baik di dunia game ataupun di kehidupan nyata.

6. Penculikan Gamer

Pada saat permainan game Gunbound sedang jaya-jayanya yang menjadi salah satu game favorit para gamer. Sebab game ini memang memiliki efek visualisasi yang sangat bagus dimasanya. Konyolnya karena kepopuleran game itu juga justru pernah menimbulkan kasus kriminal.

Peristiwa ini terjadi pada tahun 2007 di Brazil, diketahui kelompok kriminal yang dijuluki La Firma telah menculik seorang pencetak score tertinggi di permainan Gunbound dengan tujuan untuk mengambil secara paksa ID gamers ini agar nantinya dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Namun pada akhirnya kelompok ini diringkus oleh Kepolisian setempat setelah dijebak dengan menawarkan ID tersebut seharga 8 ribu dollar.

7. Aksi Kriminalitas dalam video game

Kasus kriminalitas mengenai video game tidak hanya terjadi di dunia nyata kadang di dalam permainan video games sendiri juga terjadi tindakan kriminalitas.

Seorang pria asal Cina dilaporkan ke Polisi karena telah menusuk temannya sendiri dengan menggunakan sebuah sendok pedang di dalam sebuah permainan game online bernama Legends of Mir 3.

Kejadian unik dan aneh kecanduan game ini dikarenakan temannya tersebut telah mencuri weapon atau senjata miliknya dan menjualnya dengan harga 7.200 yuan.

Pencurian dan pembunuhan secara visual ini juga telah dilaporkan kepada Polisi namun pihak Kepolian tidak menindak lanjuti laporan dari gamer apes ini, karena menganggap pedang tersebut bukanlah barang nyata. Hem ada-ada saja ya!

Selain kasus pencurian dan pembunuhan dalam game. Fenomena hacking juga sering terjadi di dunia game online. Tanpa tedeng aling-aling seorang hacker tidak akan tanggung-tanggung merampok ID seorang gamer dengan cara yang cukup canggih.

Seperti mengirim spam email atau menjebak dengan menggunakan aplikasi mata-mata ke*** sehingga gamer secara tidak sadar telah memberikan ID dan pasword miliknya, kerugian dari peristiwa hacking ini juga tidak sedikit, seorang hacker dikabarkan bisa merugikan seorang gamer paling kecil 6.000 dollar.

8. Menolong orang karena video games

Tidak selamanya bermain games itu buruk untuk kita, contohnya seorang anak asal Norwegia yang dapat menolong kakaknya dari amukan rusa jantan dewasa karena trik survival yang ia pelajari selama bermain games di dunia virtual.

Bocah 12 tahun berjenis kelamin pria ini diketahui menyelamatkan sang kakak dengan menggunakan trik ‘Taunting’ yang ia sudah khatam ia pelajari selama bermain Wirecraft.

Teknik ini adalah trik untuk mengalihkan perhatian monster dari kawanan party group atau dirinya sendiri, dengan teknik ini akhirnya kakak dan dirinya sendiri dapat selamat serta kembali ke rumah dengan aman.

9. Game berujung Prostitusi online

Kejadian aneh lainnya yang tak kalah menghebohkan, pernah terjadi pada seorang pemain game wanita Warcraft yang sudah sangat kecanduan berat. Hingga ia rela menjual dirinya sendiri hanya untuk mendapatkan emas (gold) yang hanya ada di dunia virtual.

Game berujung Prostitusi online ini membuat ia menjual dirinya demi 5000 gold agar bisa membeli
Epic Flying Mount yang hanya ada di dunia virtual.

Tanpa merasa malu sama sekali, gadis ini terang-terangan menyebarkan tawaran menariknya dengan memberikan email pribadi dan katanya telah mendapatkan banyak respon yang baik dari para player, khususnya kaum lelaki idung belang.

10. Gangguan kesehatan DVT

Bermain game secara terus menerus tanpa berhenti dan istirahat tentu dapat menganggu kesehatan, selain menyebabkan listrik rumah boros yang ujung-ujungnya bikin emak ngomel sama kita. Tahukah kamu, seorang player yang bermain game dalam waktu yang lama sangat beresiko besar mengidap DVT atau Deep Vein Thrombosis.

Yaitu dampak buruk kesehatan yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat dalam sistem sirkulasi darah yang tak jarang para penderitanya dapat seketika mengalami kematian atau cacat tubuh permanen.

Seperti seorang remaja bodoh yang mengetahui dirinya menderita gejala DVT namun ia masih terus saja keukeuh bermain game.

Beruntung nyawa remaja tersebut masih dapat diselamatkan oleh keluarganya yang segera membawa kerumah sakit. Meskipun ia harus ekstra rutin melakukan perawatan medis dan diharuskan istirahat total setelah mendapatkan treatment intensif.

11. Gagal jantung setelah lembur alias tak henti-henti main game

Fenomena menyeramkan gara-gara kecanduan game juga pernah dialami seorang pria asal Korea Selatan berusia 28 tahun yang ditemukan sudah meninggal dunia.

kecanduan game

Karena kelakuan gilanya bermain game tanpa ingat waktu membuat ia mengalami gagal jantung sehabis lembur bermain Starcraf selama hampir 50 jam secara nonstop tanpa makan, minum apalagi EE. Sempat ia dilarikan kerumah sakit, namun ketika tengah perjalanan menuju rumah sakit dan masih berada didalam mobil ambulans nyawanya gagal paham untuk diselamatkan.

Sahabat kejadiananeh.com banyak hal yang aneh dan unik ketika kita keranjingan bermain game meskipun tidak semuanya buruk. Salah satu manfaat baik dalam game adalah membuat otak kita menjadi lebih kreatif dan menghilangkan kebosanan.

Saya sendiripun suka bermain game seperti Call Of Duty, Tom Clancy’s, Metro 2033, Battle Field, Metal Gear Rising, Gran Turismo 6 pokoknya banyak banget, sudah di install tapi jarang dimainkan gara-gara kecanduan NgeBlog hehehe.

Loading...
loading...
Comments
To Top